SIG Ciptakan Peluang Pertumbuhan dan Perluasan Bisnis

saranginews.com, TUBAN – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) tentang strategi perusahaan dan langkah spesifik dalam memanfaatkan dan menciptakan peluang pertumbuhan melalui strategi pengelolaan pasar dan harga, diversifikasi produk, optimalisasi jaringan produksi serta pendistribusian dan penggunaan prinsip pembangunan berkelanjutan serta menciptakan sinergi dan kemitraan strategis untuk menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

SIG baru-baru ini meluncurkan lini penyediaan bahan konstruksi meliputi produk berbahan dasar semen, semen hijau, produk berbahan dasar semen dan bahan bangunan yang akan digunakan untuk mendukung proyek pengembangan IKN hingga tahun 2045.

Baca Juga: Pemerintah pengadaan semen ramah lingkungan dari SIG untuk membangun infrastruktur berkelanjutan di IKN

Melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara SIG dan PT Bina Karya yang dilakukan oleh CEO SIG Dani Arsal dan CEO Bina Karya Boik Prasitianto di Menara Timur Jakarta, Kamis (30 Mei).

Dani Arsal mengatakan selain menyediakan semen hijau dan solusi berkelanjutan lainnya, sinergi SIG dan Bina Karia juga bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan kapasitas dan sumber daya yang ada untuk mendukung manajemen rantai pasok sejalan dengan kebutuhan pengembangan IKN.

Baca Juga: Akreditasi KAN dan LBMA Tingkatkan Kualitas Logam Mulia Antam

SIG sangat siap memenuhi kebutuhan pembangunan melalui visi keberlanjutan yang diterapkan pemerintah di IKN. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi dukungan pemerintah atas nama Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR dalam sinergi ini. “Keberhasilan IKN menjadi kota berkelanjutan akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” kata Dani Arsal.

Tidak hanya bagi IKN, SIG memiliki keunggulan jaringan produksi dan distribusi yang luas serta beragam produk rendah karbon untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: SIG dan Bina Kariya Gandeng Pasok Semen Ramah Lingkungan untuk Proyek IKN.

Sinergi ini dimaksudkan untuk mengawali terbentuknya ekosistem bisnis untuk menjamin terselenggaranya pembangunan berkelanjutan di Indonesia serta alokasi kapasitas produksi dalam menghadapi kelebihan pasokan di industri semen.

Pada tahun 2045, proyek IKN juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pengembangan kapasitas industri dengan berbagai kebutuhan material konstruksi seperti semen, beton, agregat dan pasir.

Selain mampu memenuhi kebutuhan berbagai bahan bangunan, SIG juga memiliki solusi untuk mengatasi kondisi tanah lunak dan meningkatkan kinerja semen melalui stabilisasi tanah, yang merupakan salah satu hasil kerjasama SIG dengan mitra strategisnya Taiheiyo Cement. Perusahaan Solusi Berkelanjutan (TCC).

TCC sangat menghargai kemitraan yang telah terjalin dengan SIG sejak tahun 2021. Kami ingin bekerja sama dengan SIG untuk menyediakan produk dan solusi ramah lingkungan seperti produk ramah lingkungan, teknologi stabilisasi tanah dan material konstruksi berkinerja tinggi lainnya untuk mendukung proyek pengembangan IKN melalui teknologi. Dan pengalaman TCC dan SIG, kata Shinji Fukami, Chief Executive Officer TCC dan Senior General Manager Bisnis Internasional.

Kolaborasi strategis antara SIG dan TCC bertujuan untuk menciptakan peluang pertumbuhan, termasuk pengembangan produk dan solusi ramah lingkungan, meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menciptakan model bisnis yang dapat mentransformasi industri semen nasional dan global, mengembangkan pasar ekspor dan mengoptimalkan pemanfaatan. . Bahan bakar alternatif melalui pemanfaatan limbah industri dan kota untuk mencapai SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan).

Selain melayani kebutuhan pasar dalam negeri, SIG juga sedang membangun proyek perluasan dermaga dan pabrik produksi semen khusus di Tuban, Jawa Timur, untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor Amerika hingga 1 juta ton semen. Melalui kerjasama strategis dengan TCC (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *