Kideco Gelontorkan Bantuan Rp 4,1 Miliar untuk Atasi Stunting di Kabupaten Paser

saranginews.com, Jakarta – Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia 2023, angka stunting di Indonesia masih 21,5 persen. Sementara itu, target pemerintah untuk menurunkan stunting akibat gizi buruk adalah sebesar 14 persen.

Angka kesehatan masih di atas target pemerintah dan di atas rata-rata nasional di Kabupaten Pasar, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Sido Terlihat Bantu 150 Orang Terduga Penderita Gagap di Simahi

Data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 menunjukkan provinsi Pasar masih berada di angka 24,9 persen. Di Kecamatan Pasar sendiri terdapat 47 desa yang memberikan perhatian khusus terhadap masalah kesehatan.

PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, bermitra dengan Indika Foundation untuk Indonesia (Indika Foundation) meluncurkan program Cegah Stunting (CANTING) dan Asuh Anak Stunting (BAAS).

Baca Juga: Penandatanganan Perjanjian, BKKBN, Otoritas IKN Siap Jadi Contoh Agar Tak Lahirkan Stagnan Baru

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (5/11/2024) di Puskesmas Desa Batu Kajang, Kabupaten Pasar, Kalimantan Timur.

Melalui program ini, KIDECO mengucurkan dana sebesar Rp4,1 miliar untuk membantu Pemerintah Kabupaten Pasar dalam mengatasi permasalahan tangki.

Baca juga: Penggalian Kasus di South Bank

Pelayanan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Pasar serta Pelayanan Kesehatan Kabupaten Pasar.

Berbicara dalam kesempatan tersebut, Aziz Armand, Managing Director KIDECO, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar wilayah operasional KIDECO.

“KIDECO dalam keberadaannya selalu menjadi bagian dari masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah sekitar pertambangan. Untuk itu, setelah banyak proyek sosial sebelumnya, kami memulai kembali beberapa program, seperti program inklusif untuk anak-anak penyandang disabilitas. dan CANTING yang fokus menurunkan angka kejadian stunting pada anak,” kata Azis Armand.

Dodic Wijnarko, manajer KIDECO, Lt. Jenderal TNI (Purn) Dodic Wijnarko menambahkan, rencana tersebut merupakan wujud komitmen KIDECO kepada masyarakat dan pemerintah Kecamatan Pasar.

Selain program layanan kesehatan, KIDECO juga bermitra dengan Indica Foundation untuk Indonesia (Indica Foundation) meluncurkan program KIDECO CARES (DREAMS) dan Program Pengembangan Sekolah Inklusi (ISDP) untuk komunitas penyandang disabilitas.

General Manager KIDECO M Kurnia Ariyavan mengatakan pihaknya serius menjalankan program yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Pasar.

“KIDECO serius menjalin kerja sama dengan Pemkab Pasar, khususnya untuk program jangka panjang yang berkaitan langsung dengan kebutuhan pokok masyarakat Pasar. Salah satunya adalah komunitas difabel dengan program yang sudah kami rintis sejak awal,” ungkapnya. Kurnia Ariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *