Indonesiana.TV Genjot Promosi Animasi Karya Anak Bangsa

Oleh saranginews.com, Jakarta – Indonesia.TV Pusat Media Kebudayaan (Kemendikbudristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi juga mempromosikan film animasi orisinal karya anak negeri di Indonesia Anime Con (INACON) 2024.

Acara tersebut akan berlangsung pada 15-16 Juni 2024 di ICE BSD.

Baca Juga: Poster Film Animasi C Juki The Movie: Treasure Of Monkey Island Resmi Dirilis

INACON merupakan acara terbesar yang mempertemukan berbagai elemen budaya pop seperti anime, manga, video game, dan cosplay. 

Acara ini merupakan surganya para kreator, gamer, kolektor, cosplayer, dan semua orang yang mencintai dunia budaya pop. 

Baca juga: Andrea Tanzil Rilis Lagu Anant And Beyond yang Terinspirasi Karakter Animasi

Karena akan menampilkan budaya pop dari berbagai negara antara lain Indonesia, Jepang, Korea, dan China. 

Selain itu, akan ada beragam kegiatan seru yang menjadikan INACON 2024 menjadi wadah yang tepat untuk menjalin relasi dan berbagi inspirasi bagi para penggemar anime.

Perwakilan Persatuan Komik Indonesia Rizki Mosmarth menekankan pentingnya INACON sebagai representasi ekosistem industri kreatif Indonesia khususnya di bidang animasi. 

“INACON merupakan ajang yang menghubungkan semangat memajukan industri kreatif. Dukungan pemerintah, BUMN, swasta, dan masyarakat menunjukkan semangat gotong royong kita,” kata Rizki, Kamis (13/6).

Menurut Rizki, INACON bukan sekedar ajang promosi, melainkan ajang yang menampilkan kemajuan industri kreatif Indonesia. 

“Dengan INACON, kami mempromosikan berbagai organisasi, komunitas, dan perusahaan pembuat animasi di Indonesia. “Ini menunjukkan industri kreatif kita saat ini sudah semakin maju,” imbuhnya.

Ia pun mengapresiasi kehadiran Indonesiana.TV di INACON 2024 yang tidak hanya mendukung namun juga mempromosikan kekayaan intelektual (KI) industri animasi Indonesia, termasuk Desa Timun yang sedang naik daun selama tiga tahun terakhir.

Indonesia.TV: Menghidupkan dunia animasi

Indonesiana.TV hadir di INACON 2024 menghadirkan beragam konten animasi untuk anak-anak berbasis budaya Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah Rana Uko, Si Aa dan Saktya, Ako dan Lot, Hiphip Kido dan Timun Gaon. Kehadiran Indonesiana.TV di INACON 2024 menjadi bukti nyata dukungan pemerintah terhadap perkembangan industri animasi lokal yang semakin pesat.

Namun dalam jumpa pers INACON, Kepala Pusat Kebudayaan Komunikasi Sosial Retno Raswati menjelaskan, keikutsertaan Indonesiana.TV pada INACON 2024 sejalan dengan visinya. 

“INACON merupakan upaya luar biasa untuk menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai kapasitas dan bakat untuk menciptakan animasi yang hebat,” kata Retno.

Retno menambahkan, Indonesiana.TV selalu berupaya mengajak produser animasi untuk berkolaborasi dengan seniman yang memiliki budaya progresif. “Melalui INACON, kami tidak hanya mempromosikan kelima IP kami, tetapi juga membawa harapan bahwa lebih banyak pihak dapat berkolaborasi dengan Indonesiana.TV,” tambah Retno.

Pada INACON 2024, Indonesiana.TV akan menyelenggarakan lima IP petualangan berhadiah berupa harta karun menarik. 

Retno berharap dapat menarik lebih banyak pengunjung dan menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas Indonesia dalam bentuk animasi.

Pusat Media Kebudayaan juga berperan penting dalam mempromosikan karya Indonesia di kancah internasional. 

Timun Village, salah satu IP utama Indonesiaa.TV, sukses mempromosikan animasinya di beberapa festival internasional, antara lain Busan, Korea Selatan, dan San Diego, California.

“Kami selalu mendukung program promosi karya-karya Indonesia, termasuk para seniman animasi di ajang internasional. Seperti halnya Desa Timun yang mempromosikan animasinya ke dunia internasional”, pungkas Rerno (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *