Hebat, Ridwan Kamil Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari University of Glasgow

saranginews.com, GLASGOW – Kiprah Ridwan Kamil (RK) sebagai tokoh nasional kembali mendapat pengakuan internasional.

Kali ini, Gubernur Jawa Barat periode 2018 – 2023 mendapat gelar doktor kehormatan dari Universitas Glasgow.

BACA JUGA: Peluang Ridwan Kamil memenangkan Pilgub Jabar sangat besar

Gelar ini diberikan salah satu universitas terbaik dunia atas inovasi dan pengembangan kepemimpinan yang dipimpin Ridwan Kamil, termasuk saat menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

Dalam pernyataan yang disampaikan dalam sidang Senat yang menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada RK, Universitas Glasgow menyebut pria yang akrab disapa Kang Emil itu adalah sosok yang memiliki banyak sisi.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Cocok Jadi Gubernur Jawa Barat atau Jakarta, Simak Hasil Jajak Pendapat KIC Ini

Mereka menyebut RK sebagai arsitek yang visioner, pemimpin yang penuh kasih sayang dan sosok yang tak kenal lelah memperjuangkan kemajuan masyarakat.

“Perjalanannya dimulai di kota Bandung,” kata Profesor Frank Coton, Wakil Rektor Senior dan Wakil Rektor Universitas Glasgow.

BACA JUGA: Nama Ridwan Kamil Jadi Sosok Paling Potensial Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta dari Koalisi Maju Indonesia

Setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB), RK memulai perjalanannya sebagai arsitek dengan kuliah di salah satu firma arsitektur terkemuka di Amerika Serikat.

Suami Atalia, Praratya, kemudian melanjutkan studinya di University of California dan mendapatkan gelar master di bidang desain perkotaan.

Dalam pernyataan yang sama, Universitas Glasgow menyinggung pengalaman RK sebagai arsitek di Hong Kong dan awal mula Urbane Indonesia.

Urbane Indonesia adalah sebuah firma arsitektur di Bandung. RK mendirikan Urbane Indonesia bersama rekan-rekannya.

Menurut Universitas Glasgow, ekspansi firma arsitektur ini sangat luas dan mengesankan.

Bersama Urbane Indonesia, RK telah mengerjakan sejumlah proyek besar. Baik di dalam maupun luar negeri, termasuk masterplan Marina Bay Singapura yang merupakan salah satu portofolio global RK bersama Urbane Indonesia.

Kesadaran yang tinggi terhadap kondisi sosial masyarakat Indonesia, membuat RK tidak segan-segan menjangkau dan menawarkan bantuan dengan keterampilan yang dimilikinya.

“Beliau semakin dikenal sebagai ‘Arsitek Rakyat’ atas proyek sosial pro-bono yang menciptakan ruang publik di kawasan pemukiman padat penduduk di Indonesia,” kata Frank Coton.

Dengan niat besarnya untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat, RK memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Ia memulainya dengan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kota Bandung pada tahun 2013.

Meski tidak tergabung dalam partai politik mana pun dan hanya mengandalkan media sosial dan gerakan door to door, RK berhasil meraup 45% suara dan memenangkan pilkada.

Keberhasilannya memimpin Bandung kemudian mengantarkan RK pada pemilihan gubernur (pilgub) 2018 dan mendapat kepercayaan masyarakat untuk memimpin Jawa Barat.

Selama menjabat gubernur, RK melewati masa-masa sulit di masa pandemi Covid-19. RK membuat sejumlah penemuan untuk menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin.

“Komitmen Anda terhadap pendidikan, keberlanjutan, dan keadilan sosial benar-benar menginspirasi,” kata Frank Coton.

RK merupakan satu dari sepuluh nama yang menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Glasgow.

Selain RK, masih ada beberapa tokoh hebat lainnya yang mendapat gelar tersebut. Mereka berasal dari berbagai negara seperti United Kingdom (UK), Ghana dan Australia.

Mereka termasuk Profesor Sir William Blair, Veronica Crosbie dan Brian McBride.

Penerima gelar doktor kehormatan berasal dari beragam latar belakang dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Sebelum menerima gelar kehormatan dari Universitas Glasgow, RK sempat diundang makan malam bersama penerima lainnya.

Melalui akun Instagramnya, RK mengunggah momen sebelum dan sesudah menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Glasgow.

Dalam unggahan tersebut, ia mengatakan bahwa prestasinya tidak lepas dari peran sang ibu.

“Terima kasih Maci, ibu tercinta, atas segala sesuatu yang tidak mampu dibayar oleh anakmu di alam. Semoga Allah selalu memuliakan hidupmu. Amin,” kata RK. (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *