Gelar Workshop di Jayapura, Fesbul Terus Mendukung Kemajuan Sineas Lokal

saranginews.com, JAYAPURA – Festival Film Bulanan (Fesbul) edisi Juni berlangsung di Jayapura, Papua. Workshop bertema Passion, Roots, Movement ini digelar pada 7-9 Juni 2024.

Acara Fesbul ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menciptakan jaringan sineas di Indonesia. Khususnya di wilayah Lokus 5 Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemen Pare Kraf).

Baca selengkapnya: Fesbul menyelenggarakan lokakarya film untuk meningkatkan kualitas sineas muda

Lokus 5 dipilih di wilayah Papua. Bukan tanpa alasan. Alasan lainnya adalah kekayaan budaya dan beragam karya yang menjadi cerita yang dimuat di media film Indonesia.

Sekitar 20 orang hadir dan terdapat kesempatan emas untuk mengeksplorasi teknik dan trik film dari berbagai sudut pandang.

BACA JUGA: Fesbul membuka pendaftaran pemutaran Locus 5 bagi sineas se-wilayah Papua.

Workshop di Lokus 5 kali ini fokus membahas mengenai penulisan, penyutradaraan, dan pembuatan film.

Semua itu mendapat arahan langsung dari konsultan-konsultan yang ahli di bidangnya, seperti desain oleh John Badalu, penulisan oleh Reza Fahryansyah, dan sutradara oleh Theogracia Rumansara.

Baca selengkapnya: Mari lebih dekat! Pendaftaran Fesbul Lokus 4 dibuka bagi sineas asal Bali, NTB, dan NTT.

Lokakarya Film Fesbul berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama, peserta berkesempatan menceritakan kisahnya masing-masing. Dilanjutkan dengan presentasi internal dari instruktur yang memberikan wawasan mengenai pembuatan film.

Hari kedua dilanjutkan dengan pertukaran ide. dimana peserta dapat bertanya langsung kepada instruktur mengenai proyek filmnya.

Semua rencana dibuat secara iteratif dan ilmu yang didapat dapat membuat pekerjaan menjadi lebih baik.

Pada hari terakhir, peserta mempresentasikan ide ceritanya setelah melakukan brainstorming. Peserta juga dapat bertemu dan mendiskusikan kemungkinan kolaborasi di masa depan melalui pertemuan ini.

Lokakarya Film Fesbul memberikan kesempatan kepada dua proyek film pendek terbaik dari semua sektor untuk memasuki dunia komersial dan berpartisipasi dalam pasar Festival Film Internasional 2025.

Untuk melanjutkan semangat tersebut, Fesbul menyelenggarakan festival film Fesbul Lokus 6 mendatang di Gorontalo, provinsi Maluku. Pendaftaran terbuka bagi sineas di wilayah Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara. Mulai tanggal 29 Juni – 12 Juli 2024

Melalui acara ini diharapkan film-film lokal dapat berkembang dan menciptakan kemitraan yang baik serta produk yang dapat dinikmati masyarakat luas. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang Facebook. Silakan kunjungi website resminya di www.fesbul.id atau Instagram @fesbul.id (Dil/JPN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *