4 Manfaat Kunyit yang Bikin Kaget

saranginews.com, JAKARTA – KUNYIT merupakan salah satu bumbu dapur populer yang sering digunakan dalam berbagai masakan lezat.

Kunyit merupakan salah satu bahan utama masakan seperti nasi kuning, kari, rendang dan lain-lain.

BACA JUGA: 6 manfaat teh kunyit yang tak terduga

Selain itu, kunyit telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai ramuan yang dapat membantu mengatasi banyak masalah kesehatan.

Berikut penjelasannya seperti dilansir situs Healthshots.com.

BACA JUGA: 6 Khasiat Kunyit yang Unik dan Tak Biasa 1. Kunyit adalah inti kehidupan

Digunakan sebagai penyedap berbagai makanan, kunyit, akar dari keluarga jahe, bermanfaat dalam perawatan kecantikan dan digunakan untuk mencerahkan kulit kusam.

Namun, tahukah Anda bahwa kunyit ramah lingkungan memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengatasi nyeri radang sendi dan kekakuan sendi?

BACA JUGA: 5 Bahaya Jika Terlalu Banyak Makan Kunyit Anda Akan Menghadapi Penyakit Ini

Faktanya, sebuah penelitian tahun 2017 yang menyelidiki efek kurkumin terhadap kesehatan manusia, pigmen kuning cerah yang memberi warna pada kunyit, menemukan bahwa kunyit memiliki efek yang mirip dengan ibuprofen dalam meredakan nyeri dan gejala radang sendi. Ini melindungi Anda dari sindrom metabolik

Ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan berat badan di sekitar pinggang dan kolesterol tinggi, sindrom metabolik meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Manfaat kunyit, menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Foods, dapat meningkatkan hubungan tubuh dengan insulin, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol stres oksidatif.

Ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida sehingga membuat jantung Anda sehat.3. Itu bisa menyembuhkan luka

Selain mengurangi rasa sakit dan peradangan, manfaat kunyit dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat.

Sebuah makalah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Current Pharmaceutical Biotechnology menunjukkan bahwa kurkumin tidak hanya meningkatkan proses penyembuhan luka, tetapi juga mempercepatnya.

Kunyit juga memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus.

Belum lagi bisa mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Karena kunyit dikenal sebagai antiinflamasi yang kuat, banyak penelitian memuji kunyit sebagai cara terbaik untuk meredakan nyeri otot setelah olahraga intens.4. Ini mengendalikan gejala depresi

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research menunjukkan bahwa efek kurkumin dalam kunyit dalam meredakan gejala gangguan depresi mayor sebanding dengan antidepresan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu meningkatkan fungsi otak, terutama dengan membantu meningkatkan produksi protein yang mengatur kelangsungan hidup sel saraf serta meningkatkan kadar serotonin dan dopamin (fny/jpnn) .

BACA ARTIKEL LAINNYA… Segudang manfaat kunyit untuk kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *