Tokopedia & ShopTokopedia Rekap Tren Belanja Online Sepanjang Semester I 2024, Meningkat!

saranginews.com, JAKARTA – Tren e-commerce atau e-commerce terus meningkat di Indonesia.

Menurut Bank Indonesia, jumlah transaksi e-commerce akan meningkat menjadi 3,49 miliar kali pada tahun 2022 dan 3,71 miliar kali pada tahun 2023.

BACA JUGA: Tips Memadukan Gaun Idul Adha dari Tokopedia dan ShopTokopedia

Padahal, pada tahun 2023, nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 453,75 triliun.

Pertumbuhan ini juga terlihat oleh Tokopedia dan ShopTokopedia yang memiliki lebih dari 21 juta pelanggan dan hampir 100 pelaku UMKM lokal.

BACA JUGA: Tokopedia Bagikan 5 Ide Akhir Pekan Berdasarkan Masa Lalu, Yuk Simak!

“Tokopedia dan ShopTokopedia bersama-sama mencatat peningkatan jumlah pembeli, penjual, dan transaksi di masing-masing platform pada tahun pertama tahun 2024,” kata Nurayni Razak, Direktur Tokopedia dan Toko Tokopedia.

Nouraini melaporkan adanya peningkatan jumlah pembeli dan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia.

BACA JUGA: Tokopedia: Produk Terlaris dan Fashion Ramadhan 2024

Dari sisi penjualan, jumlah pelanggan di Tokopedia akan melebihi dua juta, dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. Kini jumlah pelanggan di ShopTokopedia akan meningkat sebesar 20 persen. Pada tahun 2024, lebih dari tujuh juta, “ucap Nurani.

Beberapa daerah dengan jumlah pelanggan terbesar di Tokopedia adalah Yahukimo (Pegunungan Papua), Malaka (NTT), Seluma (Bengkulu Selatan), Sukamara (Kalimawena), Sikka (NTT). sekitar 2,5 kali jumlah pelanggan.

Beberapa wilayah dengan pertumbuhan jumlah pelanggan terbesar di ShopTokopedia antara lain Papua Barat, Aceh, Jakarta, Bengkulu, dan Banten yang mengalami peningkatan jumlah pelanggan hampir 1,5 kali lipat.

Dari sisi pelanggan, Tokopedia memiliki beberapa wilayah dengan jumlah pelanggan yang terus meningkat, antara lain Maibrat (Papua Barat Daya), Tambrau (Papua Barat Daya), Mamberamo Tengah (Pegunungan Papua), Dogia (Papua Tengah) dan Aru. Kepulauan (Maluku), rata-rata – 1,5 kali lipat jumlah pelanggannya.

ShopTokopedia memiliki beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pelanggan antara lain Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur yang jumlah pelanggannya meningkat 1,5 kali lipat.

Tokopedia dan ShopTokopedia telah memperluas aktivitasnya di beberapa bidang dan produk.

Dari sisi transaksi, wilayah dengan jumlah transaksi terbanyak di Tokopedia adalah Puncak (Papua Tengah), Mamberamo Tengah (Gunung Papua), Kepulauan Aru (Maluku), Tambrau (Papua Barat Daya), Deiai (Papua Tengah).

“Jumlah transaksinya meningkat hampir tiga kali lipat,” kata Nurayni.

Beberapa produk di Tokopedia sangat diminati masyarakat.

Seiring meningkatnya jumlah transaksi di Tokopedia, beberapa kategori produk antara lain fesyen muslim, gadget dan elektronik, ibu dan bayi, makanan, minuman, dan kecantikan mengalami peningkatan transaksi sebesar 1,5 kali lipat.

Beberapa wilayah dengan jumlah transaksi tertinggi di ShopTokopedia antara lain Bangka Belitung, Bali, Banten, Jawa Barat, dan Jakarta yang mengalami peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat.

Saat ini, kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi di ShopTokopedia antara lain perlengkapan rumah tangga, makanan, aksesoris wanita, pakaian pria, dan pakaian tidur wanita dengan peningkatan transaksi sebesar 2,5 kali lipat. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *