Melapor ke Komnas HAM, Pengacara Staf Sekjen PDIP Sebut KPK Sudah Amburadul

saranginews.com, JAKARTA – Jajaran Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Kusnadi resmi memberi tahu Komnas HAM atas dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan penyidik ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kuasa hukum Kusnadi, Petrus Selestinus meminta Komnas HAM mengusut laporan tersebut secara profesional dan tegas. Petrus ingin Komnas HAM aktif seperti mengusut pelanggaran HAM pegawai KPK dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

BACA JUGA: Kontroversi Operasi Lepas Tangan KPK, Sahroni: Perlu OTT, Pencuri Masih Banyak

“Komnas HAM menempatkan perkara ini sama seperti Komnas HAM yang menunjukkan pukulannya saat memeriksa 51 pegawai KPK yang dipanggil seluruh pimpinan KPK saat itu. Kami mohon sama karena menyangkut manajemen penyidikan. KPK karena Kusnadi tidak menjadi subjek pemeriksaan. Namun telepon genggam dan tabungan pribadinya disita, ujarnya, Rabu (6/12) di Gedung KPK.

Dijelaskan Petrus Selestinus, sikap penyidik ​​KPK bernama Kompol Rosa Purbo Bekti melanggar hak asasi manusia (HAM). Sebab, penyitaan harta milik Kusnadi tidak ada kaitannya dengan pokok perkara.

BACA JUGA: Pemkot Serang Juga Implikasikan KPK dengan Hapus Kendaraan Dinas yang Dikuasai Mantan Pejabat

Jadi Komnas HAM adalah pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM, kata Petrus.

Atas dasar itu, pihaknya meminta Komnas HAM RI mendengarkan keterangan dan keluh kesah para saksi yang akan dihadirkan tim kuasa hukum.

BACA JUGA: KPK Sita Ponsel dan Tas Hasto, Reaksi Petrus Selestinus

“Kami mengimbau Komnas HAM segera mendengarkan berbagai saksi yang akan kami hadirkan ke Komnas HAM, khususnya teman-teman tim kuasa hukum Pak Hasto yang juga berada di KPK kemarin,” ujarnya.

Selain itu, Petrus juga meminta Komnas HAM mendisiplinkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang merupakan penyidik ​​KPK.

“Karena penyidik ​​ini anggota Polri, maka dalam penyidikan Komnas HAM kami meminta Komnas HAM juga memanggil Kapolri untuk mendengarkan penjelasannya tentang pembatasan praktik penyidikan di komisi antirasuah. ” dia menyimpulkan. . (tan/jpnn) Dengar! Video Pilihan Editor:

BACA PASAL LAINNYA… Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi mengatakan Shanty Alda diperiksa atas dugaan TPPU Abdul Gani Kasuba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *