Kabar Baik Bagi Pengguna Kendaraan Listrik, Ada 113 SPKLU di Jakarta, 24 Jam Nonstop

saranginews.com, JAKARTA – PT. PLN (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kantor KLHK di Gelora, Jakarta Pusat.

Peluncuran SPKLU ini bertepatan dengan upaya memperingati Hari Lingkungan Hidup.

Baca juga: Utomo Chage+ siapkan 47 unit SPKLU gratis saat Lebaran

Menurut General Manager PLN Unit Distribusi Utama (UID) Jakarta Raya, Lasiran telah membangun 113 SPKLU di 98 lokasi PLN Jakarta dan sekitarnya yang beroperasi 24 jam sehari.

“SPKLU akan terus kami tambah, terutama di tempat-tempat yang mudah diakses masyarakat seperti pusat perbelanjaan, terminal, stasiun, tempat parkir umum, dan tempat istirahat,” kata Lasiran, Rabu (12/6).

BACA JUGA: Jasa Marga Resorts, Mudik Lebaran, Katanya 49 SPKLU Siap Berangkat, 11 Fast Charging.

Untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik, PLN menyediakan EV Digital Services (EVDS) di PLN Mobile Super App yang dapat diakses masyarakat melalui perangkat pribadi.

“Dengan dukungan digitalisasi, masyarakat kini dapat menikmati layanan mobil khusus dari penelusuran SPKLU dan SPBKLU, kemudian menawarkan dan bereksperimen dengan layanan home charge dari PLN Mobile hingga dalam membeli mobil listrik,” jelas Lasiran.

Baca juga: SPKLU Siapkan PLN 1.124 Saat Liburan

Dalam kesempatan tersebut juga, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan bahwa meluasnya penggunaan kendaraan listrik dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar fosil untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan.

Siti Nurbaya mengatakan, “Dengan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan listrik yang menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi CO2 dan memberikan dampak negatif terhadap perubahan iklim.”

Siti Nurbaya sangat mendukung penggunaan mobil listrik di Indonesia dan mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengajak seluruh masyarakat Kelas I untuk menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan keperluan sehari-hari.

“Penyumbang polusi udara terbesar adalah emisi kendaraan berbahan bakar fosil. Oleh karena itu, peralihan bahan bakar fosil ke listrik merupakan solusi penting yang harus kita dukung dan terapkan,” tegas Siti Nurbaya. (rdo /jpnn)

BACA PASAL LAIN… Jelang Idul Fitri 2024, PLN Sebut Ribuan SPKLU Siap Beraksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *