Begini Cara Bridgestone Indonesia Dukung Netralitas Karbon Secara Global

saranginews.com, Jakarta – PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) mengumumkan kerja sama dengan PT Bank BTPN Tbk untuk menggunakan produk perbankan simpanan ESG.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk membantu menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan, sebagaimana tertuang dalam Komitmen Bridgestone E8.

Baca Juga: Bridgestone Indonesia Buka Toko Buabatu Baru, Ada Promosi Spesial

Simpanan ESG adalah simpanan yang dialokasikan secara strategis untuk inisiatif, proyek, dan kegiatan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dalam koridor lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan kolaborasi ini merupakan peran penting dan aktif dalam berkontribusi pada proyek pembangunan berkelanjutan Bridgestone, secara aktif menunjukkan komitmen terhadap rendah karbon dan lingkungan berkelanjutan.

Baca selengkapnya: Bridgestone Indonesia perluas layanan Jatiwaringin

“Solusi keuangan ini merupakan bagian dari program perusahaan untuk mendukung upaya kami mencapai netralitas karbon global pada tahun 2050 dan sekaligus mendorong kami untuk secara aktif mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai net zero emisi (NZE) pada tahun 2060 atau lebih awal,” kata Mukiat. Sutikno.

Sementara itu, Nathan Crisciato, kepala perbankan grosir, komersial, dan transaksi di Bank BTPN, mengatakan dana dari simpanan ESG akan digunakan untuk membiayai inisiatif, proyek, dan kegiatan berkelanjutan baru dan/atau yang sudah ada yang harus dibiayai.

Baca Juga: Bridgestone Kembali Raih Penghargaan Ban Mobil Penumpang Terbaik

Hal ini sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam ESG Deposit Framework dan dapat diakses secara transparan oleh pelanggan.

Dalam menilai pendanaan yang berdampak sosial, ada banyak indikator yang harus dipenuhi, seperti penciptaan lapangan kerja, ketahanan pangan dan sistem pangan berkelanjutan, infrastruktur dasar yang terjangkau, dan lain-lain.

Selain aspek finansial, komitmen Bridgestone E8 juga berlaku pada aspek perusahaan lainnya, seperti proses produksi dan produk untuk pelanggan akhir.

Pada proses manufaktur, upaya penurunan kadar emisi yang dilakukan perseroan mendapatkan apresiasi dari kedua mitra usahanya dengan meraih Best CO2 Reduction Award pada Honda Supplier Convention 2023 dan Excellent CO2 Reduction Award pada Toyota Motor Manufacturing Indonesia Supplier Convention 2023.

Sementara dari sisi produk, janji tersebut diwujudkan melalui penerapan teknologi ramah lingkungan seperti Enlighten yang saat ini tersedia pada produk Bridgestone Ecopia EP300 ENLITEN. (Jepang)

Baca artikel lainnya… Bridgestone menyarankan untuk memeriksa kondisi ban setelah perjalanan jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *