Airlangga Bertemu Dmitry Medvedev, Indonesia -Rusia Sepakat Perkuat Bilateral

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkesempatan melakukan pertemuan khusus dengan Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Federasi Rusia H.E. Dmitry Medvedev yang juga mantan Presiden Rusia 2008-2012 dan mantan Perdana Menteri Rusia 2012-2020 yang berlangsung di kediaman resmi Medvedev di pinggiran kota Moskow (State Residence Gorky 9 Odintsovo, Moskow) pada hari kedua hari kunjungan kerjanya, Selasa (6.11.).

Selain itu, Medvedev juga saat ini menjabat sebagai ketua partai Rusia Bersatu.

Baca juga: Dapat Penghargaan dari Pemerintah Rusia, Ini Harapan Menteri Koordinator Airlangge

Menerima langsung Menteri Koordinator Airlangg di rumah dinasnya, Medvedev dengan tegas menyampaikan pendapatnya mengenai pentingnya peran dan posisi Indonesia di mata Rusia.

“Indonesia merupakan mitra utama Rusia dan terbesar di kawasan Asia-Pasifik,” kata Airlangga.

BACA JUGA: Menko Airlangga Bertemu Tiga Pemimpin Singapura Secara Terpisah dalam Satu Hari

Selain itu, Medvedev menyampaikan kepuasannya atas kontak dan pertemuan ini serta harapannya dapat membahas berbagai isu kerja sama dan isu-isu global yang menjamin keamanan global.

Mari kita bicara tentang kerja sama untuk membahas isu-isu global, isu-isu yang menjamin keamanan di planet ini. Pertemuan ini adalah kesempatan bagus untuk menjalin kontak demi pengembangan hubungan multifaset antara kedua negara. jelas Medvedev.

Menko Airlangga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat baik dari Medvedev pada pertemuan khusus ini.

Menko Airlangga menekankan eratnya kerja sama dengan Rusia.

Ia mengatakan Rusia merupakan salah satu mitra ekonomi terbesar Indonesia. 

“Kami ingin terus melanjutkan kerja sama yang terjalin di antara kita dan berharap dapat dikembangkan ke depan untuk mencapai saling pengertian yang lebih baik lagi,” ujar Menko Airlangga.

Peringatan 74 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Rusia dinilai sangat penting sebagai insentif untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, industri, dan investasi kedua negara.

“Indonesia menyambut baik pertemuan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan hubungan Indonesia dan Rusia yang lebih baik di masa depan,” kata Menko Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan berbagai pendapat mengenai isu-isu global dan strategis lainnya, termasuk isu geopolitik global dan dinamika positif di kedua negara.

Dalam pertemuan khusus dengan Medvedev ini, Menko Airlang didampingi Duta Besar RI untuk Moskow Jose Tavares dan kelompok ahli dari Kementerian Koordinator Perekonomian. 

Medvedev didampingi beberapa pejabat tinggi pemerintah Federasi Rusia (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *