Upacara HUT ke-79 RI di Jakarta dan IKN, Presiden Jokowi Ungkap Alasannya

saranginews.com – JAKARTA – Presiden Jokowi menyebut HUT ke-79 RI akan digelar di dua tempat: Istana Merdeka, Jakarta, dan Ibu Kota Kepulauan (IKN) di Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi menjelaskan, upacara pada 17 Agustus 2024 akan digelar di dua tempat, karena negara sedang dalam proses perpindahan ibu kota atau perpindahan dari Jakarta ke IKN.

BACA JUGA: Brigjen TNI Anggara Sitompul meninjau kesiapan TNI jelang Pilkada dan mutasi IKN.

“Ini masa perubahan, saatnya berpindah dari Jakarta ke IKN Nusantara agar terlihat jalur pelayarannya,” kata Presiden Jokowi usai menghadiri pertemuan di Posyandu Terpadu RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru di selatan. Jakarta, Rabu (11/6).

Perayaan HUT RI ke-80 pada 17 Agustus 2025 akan digelar eksklusif di IKN menyusul adanya Keputusan Presiden (Kepres) pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN.

BACA JUGA: Pemerintah Rancang Pedoman Permukiman dan Status Tanah IKN Tahap 2

“Jika pemerintah memutuskan pindah tahun depan, (upacaranya) akan diadakan di IKN,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara juga menyampaikan, upacara pada 17 Juli 2025 hanya akan dilaksanakan di IKN Nusantara sesuai rencana mobilisasi, sehingga tidak mudah diakomodasi jika diperlukan dua tempat.

Baca Juga: PDIP Mulai Tunjukkan Perkembangan IKN Bilang Cara Menarik Investor

“Termasuk masalah mobilisasi, transportasi, dan perumahan, dan itu tidak mudah,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, seluruh tamu istimewa, termasuk mantan presiden dan perwakilan negara sahabat, diundang dalam acara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

“Semua diterima, semua diterima di IKN,” kata Presiden.

Perdana Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi telah menyelenggarakan perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di Kota Kepulauan (IKN), Provinsi Kalimantan Timur dan di Istana Kepresidenan Jakarta, kata Perdana Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi diumumkan. .

“Iya, ada yang di IKN dan ada yang di sini,” kata Muhajir Effendi, Senin, usai mengikuti rapat terbatas Peringatan HUT RI ke-79 di Istana Kepresidenan Jakarta.

Muhajir mengatakan, upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, acara HUT ke-79 RI yang digelar di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Maruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *