Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan Ringan Mengguyur Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi

saranginews.com – Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini, Selasa, 11 Juni 2024. BMKG memperkirakan hujan ringan akan terjadi di sebagian besar kota besar di Indonesia.

Dikutip dari laman BMKG Jakarta, ibu kota provinsi yang berpotensi hujan lebat pada siang hari adalah Padang, Manado, Kendari, Makassar, Manokwari, Kota Jayapura, Ambon, Bandar Lampung, Tanjungpinang, Jambi, Gorontalo, Jakarta Pusat, dan Serang. Sementara itu, hujan sedang diperkirakan terjadi di Kota Bengkulu, Bandung, dan Palembang.

Baca juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Ini, Warga Diimbau Siapkan Payung

BMKG juga mengimbau masyarakat mewaspadai hujan disertai badai petir yang kemungkinan terjadi di wilayah Pangkal Pinang.

Cuaca siang ini diperkirakan berawan di beberapa wilayah, antara lain Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Palangkaraya, Ternate, Mataram, dan Medan. Cuaca diperkirakan berawan di wilayah Banda Aceh, Surabaya, Pontianak, Samarinda, Tarakan, Kupang, Pekanbaru, dan Mamuju.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Riau Hari Ini: Hati-hati!

BMKG sebelumnya juga menyampaikan, kemungkinan terjadinya curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia masih tinggi, setidaknya hingga September, meski banyak wilayah juga yang mulai memasuki musim kemarau.

Wakil Ahli Meteorologi Guswanto menjelaskan, hal ini terjadi akibat beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di Indonesia, Madden-Julian Oscillation (MJO), gelombang tropis Rossby dan Kelvin serta pola sirkulasi siklon, serta kemungkinan terbentuknya zona lipatan dan perlambatan angin.

Baca juga: Cuaca Hari Ini, BMKG Diperkirakan Hujan Ringan hingga Lebat Sebagian Besar Kota Besar

Kondisi tersebut dapat menimbulkan cuaca buruk dan bencana hidrometeorologi yang meliputi banjir, banjir bandang, banjir hujan lahar, tanah longsor, dan lain-lain, meskipun pada saat yang sama Indonesia mulai mengalami musim kemarau pada bulan Juni dan September 2024 (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *