Gelar RUPST, MIND ID Bukukan Laba Bersih Rp 27,5 Triliun dan Ada 3 Komisaris Baru

saranginews.com, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 pada Selasa (6/11)

Perseroan menunjukkan pertumbuhan kinerja positif sepanjang FY2023 dengan membukukan laba bersih sebesar Rp27,5 triliun, naik 22,4 persen dari FY2022 dan naik 36,3 persen dari RKAP tahun 2023.

BACA JUGA: Strategi Bisnis RANDOM MIND, Integrasi Produktivitas dan Sistem Kerja

Perluasan kegiatan usaha yang berupaya meningkatkan inovasi dengan prinsip sharing economy dapat membawa nilai tambah dan kinerja usaha yang lebih baik bagi perusahaan.

EBITDA MIND ID mencapai Rp40,3 triliun, tumbuh 9,7 persen dibandingkan FY2022 dan lebih tinggi 58,7 persen dibandingkan RKAP FY2023.

BACA JUGA: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, ID MIND perluas program TJSL untuk mendukung Bumi yang lebih hijau

Total aset MIND ID juga meningkat 13 persen year-on-year menjadi Rp 259,2 triliun dan dibarengi dengan peningkatan ekuitas hingga 18 persen year-on-year menjadi Rp 129,6 triliun.

Dari sisi operasional, MIND ID berhasil meningkatkan laju produksi sejumlah produk pertambangan untuk meningkatkan nilai tambah mineral Indonesia, mulai dari nikel, tembaga, timah, batu bara hingga emas dan perak.

BACA JUGA: Komisi VI RDP DPR, MIND ID Tunjukkan komitmen tata kelola perusahaan

CEO MIND ID Hendi Prio Santoso menyatakan, pencapaian positif ini merupakan hasil komitmen MIND ID dan anggota independen untuk terus menjaga kinerja optimal perusahaan.

Perseroan berhasil merealisasikan beberapa rencana strategis pada tahun 2023 untuk mampu mendorong penguatan kinerja keuangan yang baik.

“Keberhasilan ini merupakan keberhasilan bagi kami dan tentunya akan terus kami pertahankan,” tegasnya.

Dikatakannya, MIND ID mendapat izin dari pemerintah untuk dapat mengelola produk mineral Indonesia agar mempunyai nilai yang baik, serta mampu mempertahankan posisi perusahaan dan terus eksis terutama dalam mendukung berbagai pemerintahan. program ekonomi.

Antara Januari hingga Desember 2023, ID MIND memproduksi sedikitnya 41,90 juta ton batu bara, timah batangan 15.300 ton, alumunium 214.900 ton, nikel 13,44 juta ton, besi 21.500 ton 21.500 ton. keemasan

Hendi mengatakan, kondisi geopolitik bisa dikurangi oleh ID MIND dan juga seluruh anggota Dani.

Upaya meminimalisir dan mengantisipasi fluktuasi harga dan nilai tukar menjadi perhatian utama dunia usaha.

“Selain itu, perseroan mulai menjajaki perluasan pasar baru, serta meningkatkan penetrasi produk berat yang sudah ada. Ini juga menjadi sisi positif bagi kami untuk menurunkan penjualan dan produksi bijih Indonesia,” ujarnya.

Hendi meyakinkan, tujuan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) Grup MIND ID telah tercapai, dengan ditetapkannya unit kerja strategis dalam RKAP 2024.

“Dalam penerapan PSN ini, kami akan menjadi yang pertama melakukan banyak program akselerasi sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi perekonomian,” kata Hendi.

Selain itu, RUPS Tahunan MIND ID menyetujui pemberhentian dengan hormat Jisman Parada Hutajulu sebagai komisaris.

RUPS setiap tahun menyetujui penunjukan Grace Natalie Louisa sebagai anggota komite.

Selain itu, RUPS Tahunan menyetujui pengangkatan Fuad Bawazier sebagai Direktur Jenderal dan Pamitra Wineka sebagai Komisaris Independen.

Dewan Komisaris

– Komisaris pertama: Fuad Bawazier

– Kurator independen: Muhammad Munir

– Kurator independen : Pamitra Wineka

– Kurator : Astera Primanto Bhakti

– Kurator: Grace Natalie

– Kurator : Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Direktur

– Sutradara pertama : Hendi Prio Santoso

– Wakil Direktur Utama : Dany Amrul Ichdan

– Direktur Portofolio dan Pengembangan Bisnis : Dilo Seno Widagdo

– Direktur Keuangan : Akhmad Fazri

– Direktur Manajemen Risiko dan HSSE : Nur Hidayat Udin

“Dengan penetapan susunan pengurus ini, kami berharap MIND ID dapat terus menciptakan nilai tambah di industri pertambangan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik dan prioritas, serta berkontribusi aktif terhadap perekonomian Indonesia di masa depan,” pungkas Hendi. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *