BTN Raih 2 Penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024

saranginews.com JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Perusahaan ini meraih Penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 pada kelas Green Elite dan Platinum Plus dari Yayasan Bumi Global Karbon (BGK).

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil mengurangi emisi karbon dalam proses bisnisnya dan menerbitkan laporan keberlanjutan perusahaan yang mengacu pada Protokol GRK.

Baca juga: 232 pelari asing dari 32 negara akan mengikuti BTN Jakarta International Marathon 2024

Protokol GRK adalah standar global yang digunakan oleh banyak organisasi di berbagai negara untuk menilai kemajuan dalam penerapan program pengurangan emisi perusahaan.

Sekretaris Perusahaan BTN Ramon Armando mengatakan, penghargaan ini menunjukkan komitmen BTN terhadap ESG (Environmental, Social and Governance) dan penurunan emisi karbon dalam proses bisnis.

Baca juga: Ini Komitmen Pegadaian dalam Sediakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Menurutnya, BTN berkomitmen membantu Indonesia mencapai net zero emisi (NZE) pada tahun 2060.

“Kita sudah mempunyai roadmap jangka panjang untuk implementasi ESG. Beberapa inisiatif strategis ESG sudah kita laksanakan berdasarkan framework 6 bertajuk Becoming an ESG Champion. Hasilnya, kita mencatat perhitungan emisi scope 1 sebanyak 7.282 ton CO2eq dan scope 2 dari 8.964 ton CO2eq dan “Scope 3 (termasuk pembiayaan emisi) sebesar 812.347 ton CO2eq,” kata Ramon.

Baca Juga: Jakarta Garden City Hadirkan Perumahan Premium Dengan Fasilitas Mewah Dan Unggul

Implementasi ESG didasarkan pada enam komponen kerangka BTN: keuangan berkelanjutan; perubahan iklim dan ekosistem; manusia dan masyarakat; ESG dalam rantai nilai; Ramon mengatakan bahwa keterlibatan pemangku kepentingan dan GRC terintegrasi.

“Kedepannya BTN akan terus melakukan penyesuaian aturan ESG dan kebijakan internal,” kata Ramon (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *