Strategi Bisnis MIND ID, Integrasikan Sistem Produksi dan Layanan

saranginews.com, JAKARTA – BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) terus menjaga kinerja bisnis di tahun 2023 dengan tingkat kepuasan pelanggan yang baik.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui integrasi sistem produksi dan layanan.

Baca juga: MIND ID perkuat program nilai tambah bahan baku mineral

Heri mengatakan, upaya peningkatan penjualan dilakukan sepenuhnya dari hulu hingga hilir. Perusahaan berkomitmen untuk memastikan kualitas produk dan menjaga kepatuhan terhadap standar dan prosedur keamanan produk.

“Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, anggota MIND ID menerapkan sistem manajemen mutu terintegrasi yang mencakup seluruh proses bisnis mulai dari eksplorasi, aktivitas produksi, pengolahan hingga pengiriman produk ke pelanggan,” kata Harry, Senin (6/10).

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, MIND ID perluas program TJSL untuk mendukung bumi yang lebih hijau

Dijelaskannya, integrasi sistem manajemen meliputi pemantauan kinerja, identifikasi risiko dan peluang perbaikan serta pengembangan strategi dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Tercatat anggota MIND ID berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan pada tahun 2023, antara lain tidak adanya pelanggaran keselamatan dan kesehatan pelanggan serta tidak adanya penarikan kembali hasil produksi dari anggota perusahaan induk.

MIND ID Group selalu melakukan pengambilan sampel dan pengujian kualitas terhadap bahan baku dan produk sebelum didistribusikan kepada pembeli sesuai standar internasional untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Harry mencontohkan manajemen PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang menerapkan kebijakan pengawasan terhadap bahan baku nikel dan bauksit yang dijual.

Pembeli berhak menghadirkan atau menunjuk tenaga ahli independen untuk memeriksa kapan ANTAM memulai proses pengambilan sampel dan pengujian spesifikasi untuk memastikan bahwa proses tersebut dilakukan sesuai dengan metodologi yang diakui secara internasional.

Hasil analisis ini bersifat final dan digunakan sebagai dasar transaksi pembayaran.

Grup MIND ID tidak hanya fokus pada pasar domestik, namun juga mengintensifkan penguatan penjualan pasar ekspor dengan strategi fungsi komersial terpusat (CCF).

“Operasi penjualan merupakan aktivitas utama bagi perusahaan pertambangan dan logam, sehingga inisiatif optimalisasi akan berdampak signifikan terhadap bisnis. Selain sektor dalam negeri, MIND ID juga aktif memperkuat layanan penjualan untuk pasar ekspor.”

Menurut Heri, melalui strategi CCF, MIND ID memperkuat integrasi penjualan di pasar ekspor seluruh anggota MIND ID melalui MIND ID Trading Pte Ltd sebagai anak perusahaan dagang perusahaan.

Saat ini mekanisme pemasaran dan penjualan di pasar dalam negeri diatur oleh masing-masing anggota MIND ID.

Dengan meningkatkan manajemen produksi dan penjualan secara keseluruhan, MIND ID berhasil mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil survei, tingkat kepuasan pelanggan anggota MIND ID pada tahun 2023 dapat dikategorikan “sangat baik”.

“Integrasi sistem manajemen dari awal proses produksi hingga ke pelanggan menjadi fokus utama MIND ID.”, tutup Harry (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *