Serang Kapal Kargo yang Melintasi Teluk Aden, Houthi Mengeklaim Sedang Bela Palestina

saranginews.com – Gerakan Ansar Allah Yaman, juga dikenal sebagai Houthi, menyerang dua kapal kargo di Teluk Aden dengan rudal anti-kapal, kata Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Senin.

“Dalam 24 jam terakhir, Houthi yang didukung Iran meluncurkan dua rudal balistik anti-kapal (ASBM) dari wilayah Yaman ke Teluk Aden. Satu ASBM menghantam kapal kontainer berbendera Liberia milik Swiss, M/V Tavvishi. … Secara terpisah, Houthi meluncurkan satu ASBM dan satu rudal jelajah anti-kapal (ASCM) ke Teluk Aden,” kata pusat komando dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Bea dan Cukai luncurkan pendistribusian logistik TPS di kawasan terminal kargo Bandara Soetta

“Kedua rudal tersebut menghantam kapal kargo berbendera Antigua dan Barbuda milik Jerman, M/V Norderney,” lanjut pernyataan itu.

Kedua kapal tersebut dilaporkan rusak namun masih bertahan, kata laporan itu.

BACA JUGA: Sukses Perkembangan Bisnis Kargo Udara, CKB Logistics Raih Penghargaan BILA Event 2023

Militer AS juga menghancurkan “sistem kendaraan udara tak berawak”, dua rudal jelajah dan sebuah peluncur roket di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman, kata pernyataan itu.

Kelompok Houthi telah melancarkan serangkaian serangan terhadap kapal komersial dan militer di wilayah tersebut dalam beberapa bulan terakhir sebagai tanggapan atas operasi militer di Jalur Gaza.

BACA JUGA: Pesawat kargo ini mengalami pecah ban saat mendarat di bandara Wamena

Serangan tersebut mendorong AS untuk membentuk koalisi multinasional untuk melindungi kapal-kapal di wilayah tersebut, serta menyerang sasaran Houthi di daratan. (ant/dil/jpnn) Jangan lewatkan video terbarunya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *