Prakiraan Cuaca Hari Ini 10 Juni 2024: Daftar Daerah Berpotensi Hujan Lebat

saranginews.com – JAKARTA – Prakiraan cuaca hari ini, Senin 10 Juni 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan lebat disertai angin kencang, kilat, dan kilat berpotensi melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. .

Mengutip dari laman resmi BMKG, wilayah yang paling berpotensi hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumsel, Bank Belitung, Banten, Jawa Tengah, dan Bali.

Baca Juga: Cuaca BMKG: Hujan disertai petir di beberapa kota besar hari ini

Selain itu, ada Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Guswanto, Asisten Meteorologi BMKG, menjelaskan, timnya menemukan meski mulai memasuki musim kemarau di beberapa wilayah di Indonesia, suhu udara masih akan tinggi setidaknya hingga September.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini, BMKG: Peluang Tumbuhnya Awan Hujan

Beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di Indonesia antara lain Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Khatulistiwa Rossby dan Kelvin serta pola sirkulasi siklon serta potensi pembentukan zona dan pembalikan kecepatan angin.

Meski demikian, Indonesia mulai menghadapi gempuran musim kemarau yaitu antara bulan Juni hingga September 2024 yang dapat menimbulkan bencana air besar, antara lain dampak cuaca, banjir, banjir, hujan, aliran lahar, dan tanah longsor.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini, BMKG prakirakan hujan lebat akan terjadi di sebagian besar kota besar

BMKG menghimbau masyarakat untuk selalu update informasi melalui saluran resmi BMKG dan menghindari berita-berita penipuan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *