PDIP Masih Menghitung Untung-Rugi Usung Anies di Pilkada Jakarta 2024

saranginews.com, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengaku belakangan ini mendengar suara kawan-kawannya agar parpol berlambang moncong sapi putih itu bisa mencalonkan Anies Baswedan sebagai Cagub Jakarta 2024.

Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan media mengenai peta politik PDI Perjuangan menyambut Pilgub Jakarta 2024.

BACA JUGA: Anies Baswedan mengajak masyarakat mengkaji pemikiran Bung Karno soal Harlah Pancasila

Ya, Jakarta itu unik ya, dan banyak teman yang bilang Pak Anies, kata Eriko saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6 Oktober).

Meski demikian, kata dia, PDI Perjuangan masih melakukan perhitungan politik sebelum resmi mencalonkan Anies pada Pilgub DKI 2024.

BACA JUGA: Anies masih harus mengikuti ujian UKK, tidak bisa mendapat jalur khusus dari PKB

“Nah, ini yang sebenarnya kita pikirkan, peluang itu ada ya,” lanjut Eriko.

Anggota DPR Daerah Pemilihan Jakarta II itu mengatakan, PDI Perjuangan perlu melakukan survei sebelum partainya mendukung Anies di Pilgub Jakarta 2024.

BACA JUGA: Disinggung Kemungkinan Anies Diusung PDIP di Pilgub Jakarta, Puan: Menarik Juga

“Secara matematis memang unggul ya, tapi benarkah perhitungan politik matematisnya sama dengan pilihan rakyat? Ini belum pasti, harus didalami,” kata Eriko.

Ia menambahkan, PDI Perjuangan juga perlu memperhitungkan mental anggota partainya sebelum mengambil keputusan mendukung Anies.

“Kita harus tanya di tingkat cabang, cabang kecil di tingkat RT atau RW apakah mereka memang menginginkan Pak Anies bermitra dengan kita? Ini perhitungan pertama ya,” lanjutnya.

Selain itu, kata Eriko, akan sulit mencari calon gubernur Jakarta 2024 jika PDI Perjuangan benar-benar mendukung Anies.

Sebab, lanjutnya, PDI Perjuangan kini memiliki tokoh-tokoh yang berpotensi diusung menjadi calon gubernur Jakarta 2024 seperti Andika Perkasa, Tri Rismaharini, Pramono Anung, dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Jadi ini sebenarnya masih bernilai bagi Jakarta karena calonnya berkualitas, kata Eriko. (ast/jpnn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *