2 Lembaga Survei Ini Tempatkan Andi Sumangerukka dengan Elektabilitas Tertinggi di Sultra

saranginews.com, KENDARI – Balon Jabatan Gubernur Sultra Beberapa lembaga survei merilis rilis terkini hasil pemilihan (Balon) Gubernur Sultra (Sultra) 2024 dari beberapa calon.

Purnawirawan Mayjen TNI AD (Purn) Andy Sumangeruka (ASR) menduduki puncak daftar seleksi yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Poltracking Indonesia. 

Baca juga: Senama Ridwan Bey Ambil Kekuasaan di Sultra, Andy Sumangeruka Pasrah ke Rakyat

Andy Sumangeruka mendapat dukungan 15,4 persen, disusul Ridwan Bey dengan 11,2 persen, dan Kerry Saiful Kongos (KSK) dengan 11 persen, kata peneliti senior LSI Denny JA Ikrama Masloman dalam keterangannya.

Ikrama Masloman mengatakan, elektabilitas ASR di kalangan masyarakat Sultra menguat karena dinilai sebagai pemimpin yang mampu menyelesaikan permasalahan perekonomian.

Baca Juga: PDIP Masih Hitung Untung dan Kerugian Usung Adas Manis di Pilkada Jakarta 2024

“Jadi, daripada masalah rasial, masyarakat fokus pada pemilihan pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi.

“Pemilu kali ini tidak jauh berbeda dengan pemilu sebelumnya, Andy Sumangeruka masih unggul. Namun masih ada sekitar 10,5 persen masyarakat yang belum memilih,” tutupnya.

Baca Juga: Arif Sebut Ridwan Kamil Punya Peluang Bagus Menang Pilkada Jabar, Ini Argumennya

Jajak pendapat LSI Denny JA untuk Gubernur Sultra Balon menunjukkan ASR unggul dengan 13,7 persen. Setelah ASR diputuskan oleh Kerry Saiful Kongosa (KSK) dengan 10,1 persen, Ridwan Bey 9,8 persen, La Ode Aida 8,7 persen, Luqman Abunawas 6,5 persen, dan Rushda Mahmood 4,1 persen suara.

Nama lainnya antara lain Tina Noor Alam, Umar Samiun, Razman Mba, Surunuddin, Abdurrahman Shale, Ruksamin, Wa Ode Noorhayati, dan La Ode Umar Bonde masing-masing 4 persen.

Begitu pula dengan Poltracking Indonesia yang merilis hasil survei terbarunya mengenai persaingan Pilkada Sultra 2024, khususnya pemilihan gubernur (Pilgab). Survei ini dilakukan pada 13-18 Mei 2024. Polltracking telah memetakan preferensi masyarakat terhadap calon gubernur yang dipilih memimpin daerah.

Poltracking Indonesia memberikan beberapa simulasi pemilihan calon gubernur. Dalam simulasi umum kali ini, nama Andy Sumangeruka (ASR) mendapat dukungan tertinggi dari masyarakat.

Dari simulasi 15 calon gubernur, perolehan Andy Sumangeruka sebesar 23,6 persen. Tina Noor Alam 22,1 persen, Ridwan Bey 15,8 persen, Lukman Abunawas 7,4 persen, dan Kerry Saiful Kongosa 6,1 persen.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, Pilkada Gubernur Sultra akan dilaksanakan pada 27 November 2024 bersamaan dengan Pilkada se-Indonesia. (Tan/JPNN)

Baca artikel lainnya… Brigjen TNI Angara Sithompul Kawal Latihan Militer di Tengah Pilkada dan Reshuffle IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *