Ridwan Kamil Cocok Jadi Gubernur Jabar atau Jakarta, Lihat Hasil Survei KIC Ini

saranginews.com, JAKARTA – Politisi Golkar Ridwan Kamil atau Kong Emil menjadi sensasi paling positif menjadi Gubernur Jawa Barat 2024-2029.

Hal ini berdasarkan survei opini masyarakat terhadap Pilkada yang digelar di delapan provinsi pada 3-9 Mei 2024 oleh Katata Insight Center (KIC).

Baca juga: Terpilihnya Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar Lebih Realistis dibandingkan di Jakarta

Jajak pendapat yang dilakukan Manajer KIC Satria Triputra Visnumurthy menunjukkan 39,5 persen menilai Kang Emil atau RK layak menjadi Gubernur Jawa Barat.

“Masyarakat Jabar menilai Ridwan Kamil adalah nama yang paling cocok menjadi Gubernur Jabar,” demikian hasil jajak pendapat yang dirilis, Minggu (6/9).

Baca juga: Mandor Polisi FN mengancam suami polisi sebelum membakarnya

Menurut Satria, temuan tersebut sejalan dengan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kang Emil selama memimpin Jabar 2018-2023 yang berada di angka 88,3 persen.

“Mantan atau presiden saat ini yang dinilai paling cocok untuk kembali mencalonkan diri sebagai gubernur, memiliki peringkat kepuasan di atas 80 persen,” lanjutnya.

Baca Juga: Gibran John Etes Bagikan Buku Tertutup, Hasto PDIP Tanggapi

Diketahui, jajak pendapat KIC mengukur opini masyarakat di delapan provinsi: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Survei yang sama juga menemukan kepuasan terhadap gubernur di Jakarta lebih rendah dibandingkan di Jawa Barat sebesar 56,7 persen.

Melalui statistik kepuasan masyarakat tersebut, KIC menemukan masyarakat Jakarta menilai Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok adalah gubernur Jakarta yang paling cocok. 

Selain itu, ada juga nama Anes Baswedan dan Ridwan Kamil yang dianggap masyarakat sebagai Gubernur Jakarta.

Dalam jajak pendapat tersebut, Ahok mendapat dukungan 33,3 persen, sedangkan Anis dan Kang Emil masing-masing mendapat 25,4 dan 20 persen.

Hasil jajak pendapat menunjukkan Kang Em juga ingin menjadi gubernur Jakarta selain Jawa Barat. (ast/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *