Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pertagas Taman 500 Mangrove Indramayu

(5/6).

Kampanye penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

BACA JUGA: Capai Tujuan Keberagaman Tenaga Kerja, Pertamina Tunjukkan Komitmen Menjadi Perusahaan Inklusif

Mengangkat tema Kembalikan Kehidupan Mangrove Juntinyuat, Pertagas menanam 500 pohon mangrove Avicennia atau Api-api.

Tanaman jenis ini hidup di daerah tropis dan mudah tumbuh di rawa-rawa air tawar dan tanah yang sangat asin.

BACA JUGA: Pertagas berikan santunan kepada 1.326 anak yatim piatu dhuafa di Indonesia

Yedo Kurniawan, Kepala Hubungan Eksternal Bagian Timur, mengatakan kawasan pesisir Indramayu rentan terhadap erosi dan gelombang tinggi.

Dengan program penanaman bakau, dampak yang ditimbulkan dapat dimitigasi sehingga ekosistem darat tetap terjaga.

BACA JUGA: PGN Resmi Akuisisi Pertagas

“Kegiatan penanaman mangrove juga mendidik siswa untuk peduli terhadap lingkungan sehingga memiliki pengetahuan dan kesadaran terhadap pelestarian alam,” kata Yedo.

Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dinas Kehutanan Jawa Barat Iran mengatakan Pertagas tetap berkomitmen menjaga lingkungan dan menjalin kerja sama yang terkoordinasi dengan para pemangku kepentingan.

“Manfaat penanaman mangrove tidak hanya mencegah erosi, tapi juga mengurangi perubahan iklim dan meningkatkan biota laut,” ujarnya.

Kegiatan penanaman mangrove ini sejalan dengan standar pengelolaan bisnis perusahaan yang mengedepankan pertimbangan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Imam Rismanto, Direktur Eksekutif yang bertanggung jawab atas Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, mengatakan dalam pidato terpisah bahwa mitigasi dan pengelolaan perubahan iklim merupakan salah satu prioritas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Kewajiban Pertagas dalam menjaga lingkungan tidak hanya menjalankan operasional bisnis yang bertanggung jawab, tapi juga menjaga ekosistem, salah satunya dengan program penanaman mangrove,” kata Imam.

Mendukung pilar ke-13 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (mengatasi perubahan iklim) merupakan bagian dari komitmen Pertagas untuk berperan dalam memperbaiki perubahan iklim, kata Imam. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Penyidikan Korupsi, KPK Periksa Mantan Dirut Pertagas Niaga Jugi Prajogio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *