Peniel Waker Unggul di Survei LKPI Untuk Pilbup Puncak

saranginews.com, PUNCAK – Lembaga Kajian Kepemilikan Indonesia (LKPI) melakukan survei untuk mengukur elektabilitas tokoh di wilayah Kabupaten Puncak jelang Pemilu 2024.

Survei dilakukan terhadap 880 warga Kabupaten Punchak di 20 kecamatan. Dalam sampel ini digunakan metode acak dari populasi daftar pemilih tetap di Kabupaten Puncak pada pemilu 2024.

BACA JUGA: Rencana PKC mengundang Hasta diyakini memiliki tendensi politik, bahkan menjelang pilkada. 

Direktur LKPI Togu Lubis mengungkapkan dari hasil survei, tingkat literasi masyarakat Punchak terkait pilkada November 2024 masih sangat rendah. Hanya 43,7 persen warga Puncak yang mengetahui akan diadakannya pilkada, sedangkan 56,3 persen tidak.

Survei tersebut juga mengungkapkan, 88,4 persen masyarakat Kabupaten Punchak mengharapkan pilkada terselenggara dengan aman dan damai. Namun 11,6 persen tidak menyatakan.

BACA JUGA: Wakil Ketua MPR: Jadikan Pilkada sebagai Partai Rakyat Demokratik Indonesia

Hasil survei calon bupati, yang paling populer adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Punchak Peniel Waker dengan tingkat popularitas hingga 89,2 persen, ujarnya dalam keterangan pers. Minggu (6/9). .

Hal ini disebabkan oleh kinerja Peniel Waker dalam penyaluran bantuan kepada korban kekeringan di Kabupaten Punchak pada tahun 2023. Di peringkat kedua ada nama Pelinus Belinal dengan tingkat popularitas 78,7 persen dan Menase Vandyk 67,2 persen. Kemudian Danius Tabuni 54,1 persen dan Elvis Tabuni 52,6.

BACA JUGA: OSO Dinamakan Sesuai Nama Jagoan Hanura Pilkada Jakarta, Siapa Dia?

Togu Lubis juga menjelaskan siapa saja tokoh yang dihargai dan siapa saja yang menjadi tokoh yang bisa diterima masyarakat sebagai pemimpin di Kabupaten Punchak.

Hasil survei menunjukkan Peniel Waker merupakan sosok yang memiliki tingkat akseptabilitas tertinggi yakni 76,7 persen, kata Togu.

Sementara itu, hasil survei tingkat kesesuaian calon bupati Kabupaten Puncak dengan menggunakan pertanyaan tiruan terbuka menunjukkan Peniel Wacker menduduki peringkat teratas dengan perolehan 30,8 persen.

“Di bawah Menase Vandyk 20,3 persen, Pelinus Belinal 16,2 persen, Danius Tabuni 8,8 persen, Elvis Tabuni 4,6 persen dan tokoh-tokoh lainnya berjumlah 7,7 persen dan yang tidak memilih 11,6 persen,” ujarnya di Togo.

Meski demikian, pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Bambang Arianto menilai Peniel Waker dinilai layak memimpin Puncak.

Ya, bukti nyata Paniel Waker, melalui kinerjanya sebagai Kadis Sosial, terlihat bahwa beliau menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan perhatian kepada masyarakat Papua, kata Bambang.

Bambang mengatakan, peluang Paniel Waker menang sebagai Bupati Punchak, Paniel Waker, sangat besar jika terus menjalankan program dan berkarya untuk masyarakat Kabupaten Punchak, Papua.

“Paniel Waker berpeluang besar menang jika didukung program dan karya untuk masyarakat Kabupaten Punchak, Papua,” kata Bambang. (cui/jpnn) Jangan lewatkan video terbarunya :

BACA PASAL LAINNYA… Demokrat rekomendasikan Acep Jamhuri maju di Pilkada Karawang 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *