Menaker Ida: Delegasi Indonesia jadi Contoh Negara Lain dalam Keikutsertaan ILC

saranginews.com, JENEWA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menggelar pertemuan dengan delegasi tripartit Indonesia (pegawai, pengusaha, dan pemerintah) peserta Konferensi Perburuhan Internasional (ILC) ke-112.

Menteri Ketenagakerjaan Ida menyampaikan apresiasinya kepada delegasi Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam konferensi ini.

BACA JUGA: Kemnaker Sambut Baik UU KIA, Bisa Tingkatkan Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja

“Saya dengar delegasi Indonesia bisa menjadi contoh bagi negara-negara lain untuk ikut serta dalam ILC ini sebagai delegasi yang bersatu. Saya berharap kita bisa terus menyampaikan solidaritas kepada Indonesia,” kata Ida, Jenewa, Sabtu (8/6).

Beliau menekankan pentingnya memperkuat dialog sosial ketika menghadapi tantangan global seperti teknologi kecerdasan buatan, ekonomi hijau, dan ekonomi platform.

BACA JUGA: Menteri Tenaga Kerja Ida Serukan Pentingnya Dialog Sosial di Konferensi Perburuhan Internasional

“Kita juga perlu memastikan ekosistem ketenagakerjaan nasional sejalan dengan prinsip kerja yang baik dan standar internasional,” tambahnya.

Tema ILC tahun ini, “Towards a Renewed Social Contract”, lanjut Ida, diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi seluruh konstituen ILO dalam menyikapi situasi global saat ini.

BACA JUGA: Menaker Ida: Program Desmigrasi Keren, Layak Dilanjutkan

“Saya mengajak seluruh delegasi Indonesia untuk aktif berdiskusi dan bernegosiasi serta membangun jaringan dengan ILO dan negara anggota lainnya,” kata Ida.

Isu penting lainnya yang dibahas di ILC mencakup keekonomian pengobatan dan perlindungan terhadap bahaya biologis.

Menteri Ketenagakerjaan Ida menegaskan, hasil pembahasan ILC akan berdampak besar terhadap dunia kerja di Indonesia.

“Kita harus siap melaksanakan keputusan ILC tersebut agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada pekerja dan pengusaha di Indonesia,” tegasnya.

Selain itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida mengapresiasi dukungan serikat pekerja dan organisasi pengusaha dalam merayakan May Day 2024 dengan aman dan tertib.

“Semoga kemitraan tripartit yang harmonis ini dapat terus kita jaga dan tingkatkan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida berharap keikutsertaan delegasi Indonesia pada ILC tahun ini dapat memperkuat ekosistem ketenagakerjaan nasional, mewujudkan lapangan kerja yang layak dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Acara makan malam yang diselenggarakan dalam suasana hangat dan bersahabat ini mempererat hubungan dan kerja sama antar delegasi tripartit dari Indonesia. (Jepang)

BACA ARTIKEL LAIN… Terima Kunjungan Husin Bagis, Menaker Ida: Saya Ingin Penempatan PMI Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *