MakeX Cari Talent Terbaik untuk Lomba Robotik di Level Internasional

saranginews.com, JAKARTA – MakeX memberikan pelatihan kepada generasi muda untuk menggunakan sistem robot di era teknologi.

MAKEX akan menyelenggarakan Kompetisi Robotik 2024 pada bulan Oktober 2024.

BACA JUGA: Rasakan keindahan Balai Kota Busan dengan robot pintar dan ruang pengalaman 3D

Rangkaian kompetisi MakeX tahun 2024 ini akan diselenggarakan di lokasi berbeda yang bekerjasama dengan institusi pendidikan Bina Bangsa School – Malang (September), Singapore Intercultural School – Surabaya (September), Koding Next – Jakarta (September) sebagai co-organizer hingga main acara final nasional di Fairway Nine Mall -Surabaya (Oktober) .

“Acara ini kami lakukan untuk menjaring talenta-talenta terbaik yang akan mewakili Indonesia bersaing di MAKEX WORLD CHAMPIONSHIP (Desember nanti),” kata CEO PT Joindo Eka Handal di Jakarta Erwin Octavia.

BACA JUGA: Pupuk Kaltim kembali wisuda 30 peserta pelatihan vokasi industri

Ia mengatakan, jumlah peserta kompetisi ini terus bertambah. Hal ini menjadi bukti bahwa kemampuan generasi muda dalam memanfaatkan robotika semakin berkembang. Dengan cara ini Anda siap bersaing di tingkat internasional.

“Setiap tahunnya bertambah sedikit, seperti tahun lalu kita berhasil mengirimkan sekitar 30 anak dari Indonesia ke tingkat dunia. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih banyak lagi, targetnya tidak terlalu tinggi, mungkin 60 peserta di tingkat dunia.” dia berkata.

BACA JUGA: 232 pelari asing dari 32 negara rayakan BTN Jakarta International Marathon 2024

Saat ini sudah banyak sekolah yang memperkenalkan penggunaan robotika dalam pembelajaran. Jadi penggunaan robotika di kalangan anak sekolah sudah sangat meningkat.

“Banyak sekolah yang memasukkan ini ke dalam kurikulumnya. Jadi pastinya akan memudahkan mereka. Kompetisi ini tidak terbatas pada sekolah saja tapi terbuka untuk umum yang ingin bergabung langsung,” jelasnya.

MAKEX 2024 akan mempertandingkan kategori sebagai berikut, antara lain:

? MAKEX INSPIRE – Usia 6-12 tahun, peserta harus merancang dan memprogram robot dengan tema SMART LOGISTIC.

? MAKEX Spark – Peserta berusia 6-13 tahun merancang ilmuwan inovatif dan mempresentasikan karya ilmiahnya dengan tema DREAM HOME.

? MAKEX STARTER – Peserta berusia 6-13 tahun akan merancang robotnya dengan menyematkan sistem AI sebagai salah satu teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan tugas bertema ALL-CORE JOURNEY tahun ini.

? MAKEX EXPLORER – Usia 8-15 tahun, peserta harus merancang robot yang lincah dalam menyerang dan bertahan untuk mendapatkan poin. Tema tahun ini adalah DIGITAL PIONEER.

MAKEX Kick Off 2024 hanya mempertandingkan kategori SPARK yang banyak menampilkan karya anak-anak yang menampilkan karya inovatif.

Pemenang dari kompetisi ini akan melaju ke tingkat nasional untuk kembali bersaing dengan kompetitor terbaik dari seluruh daerah.

Selain kompetisi MAKEX ini juga ada beberapa laser cutter XTOOL yang ramah bagi pemula dan pekerja UMKM yang ingin menggunakan teknologi laser dalam pekerjaannya (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *