Kuasai 18 Persen Kursi DPR, Golkar Berjaya di Kepemimpinan Airlangga

saranginews.com – JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Pemenang Pemilu Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan Ketua DPP Partai Golkar Partai Air Langa Hartarta berlambang Pohon Birch bakal mendapat 102 kursi di DPRRI.

Penguasaan DPR atas 18 persen kursi dipastikan usai selesainya seluruh tahapan Pemilu 2024, imbas perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (CJ) pada Kamis (6/6). ).

Baca Juga: Air Langa bertemu 3 pemimpin tertinggi Singapura untuk membahas kerja sama ekonomi

Alhamdulillah di bawah kepemimpinan Kitam Airlanga, Golkar menguasai 18 persen atau meraih 102 kursi dari seluruh kursi yang diperebutkan di DPR. Jumlah ini mengesankan karena jumlah kursi Golkar bertambah 17 kursi dibandingkan kursi 2019,” kata Dooley saat dihubungi wartawan, Minggu (9/6).

Menurut Dolly, prestasi dramatis Golkar itu dilengkapi dengan kemenangan dua putra-putri terbaik Partai Golkar dalam gugatan PHPU MK.

Baca Juga: Pemilu 2024 Selesai, Golkar Raih Kursi DPRD Terbanyak

Dua kader yang memantapkan perolehan kursi Golkar adalah calon legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I Noor al-Arifin dan calon dari Daerah Pemilihan Papua Tengah Sudisen Tundra.

Keduanya berangkat ke Sinai setelah memenangkan perselisihan di daerah pemilihan masing-masing.

Baca juga: Pembangunan IKN Dijamin Capai Target, Langkah Penting Bagi Indonesia

“Dua kader, Ibu Nooral dan Sudisan Tundra merupakan kader yang berjuang keras demi kemenangan Golkar di PHUMK. Kedua Golkar tersebut merupakan putra-putri terbaik partai sehingga total kursi di DPRI menjadi 102,” ujarnya.

Dolly yang juga menjabat Plt Ketua DPD Golkar Papua ini mengatakan, perolehan kursi Golkar di DPR RI menunjukkan bahwa masyarakat menerima kebijakan dan afiliasi Golkar pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo

Ia mengatakan, di bawah kepemimpinan Airlanga, Golkar konsisten memastikan kebijakan strategis Presiden Jokowi dan berkomitmen menjaga stabilitas dengan mendukung penuh pemerintahan Prabowo Sabianto-Jibran Rakaboming Raaka.

Selain menguasai 18 persen kursi DPR RI, Golkar juga mendominasi kursi DPRD tingkat provinsi.

Golkar menjadi partai peraih kursi terbanyak di DPRD provinsi, bertambah 50 kursi menjadi 359 kursi dari total 309 kursi pada Pemilu 2019.

Partai Beringin juga mendominasi kepemimpinan DPRD provinsi di Indonesia.

Perolehan kursi Golkar di tingkat provinsi juga dibarengi dengan perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota.

Golkar meraih 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia.

Angka tersebut setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota di Indonesia, ujarnya.

Menurut Doli, ada 120 kader Golkar yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD, serta 220 wakil ketua DPRD kabupaten dan kota di Indonesia.

Catatan Dolly, jumlah kursi DPRD kabupaten/kota yang diraih Golkar bertambah 99 kursi atau 4 persen dibandingkan pemilu 2019 yang berjumlah 2.422 kursi. (gir/JPNN)

Baca artikel selengkapnya… Menko Airlanga menawarkan berbagai peluang investasi pada proyek infrastruktur berkelanjutan di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *