Kemenag Buka 4 Program Bantuan Zakat dan Wakaf 2024

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) membuka empat program bantuan Zakat dan Wakaf mulai 5 hingga 12 Juni 2024.

Yaitu: Desa Zakat (KZ), KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat (PEU), Inkubasi Wakaf Produktif (IWP) dan Kota Wakaf pada tahun 2024.

Baca Juga: Dirjen Bimas Islam Kemenag Terpilih Jadi Ketua Dewan Wakaf Indonesia

Direktur Promosi Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Wariono Abdul Ghafoor mengatakan pembukaan program bantuan tersebut bertujuan untuk mempercepat pengembangan Zakat dan Wakaf di Indonesia.

Ia berharap program yang dicanangkan dapat mempercepat pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Hasil Ijtima Ulma Komisi Fatwa: YouTuber dan Bintang Instagram Wajib Bayar Zakat

“Dibukanya Program Desa Zakat, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat KUA, Inkubasi Wakf Produktif dan Hibah Kota Wakf diharapkan dapat mempercepat pengembangan program Zakat dan Wakf di Indonesia,” kata Wariono, Sabtu (8/6).

Menurut Wariono, bantuan program tersebut merupakan hasil kerja sama Kementerian Agama dengan banyak organisasi zakat dan wakaf serta mitra terkait.

Baca Juga: Upaya Kemenag Dorong Literasi, Partisipasi dan Solidaritas Melalui Zakat dan Wakaf

Menurut Variono, proses pengajuan bantuan, pemilihan bantuan, penentuan siapa yang akan menerima bantuan, hingga penyaluran bantuan, tidak dipungut biaya dan tidak dipungut biaya.

“Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan mulai dari proses pengajuan hingga pencairan bantuan program. “Ini murni bantuan,” tegasnya.

Permohonan program hibah dapat diterima di tautan ini:

Desa Zakati: [https://bit.ly/FormulirPenbesaranKZ2024](https://bit.ly/FormulirPenbesaranKZ2024)

KUA pemberdayaan ekonomi masyarakat: [https://bit.ly/FormulirPenregistranKJAPEU2024](https://bit.ly/FormulirPenregistranKJAPEU2024)

Produk

Wakaf Kota: [https://bit.ly/FormulirPenbesaranKW2024](https://bit.ly/FormulirPenbesaranKW2024)

Saat ini tata cara permohonan hibah dan syarat khusus lainnya diatur dalam pedoman, prosedur administrasi, dan petunjuk operasional yang dapat dilihat di situs resmi Bimasslam (jlo/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *