Cuaca Hari Ini, BMKG: Potensi Pertumbuhan Awan Hujan

saranginews.com, JAKARTA – Peramal cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nurul Tazaroh merilis prakiraan cuaca hari ini (9/6).

BMKG menyebutkan, hujan masih turun di banyak kota di Indonesia seiring dengan sirkulasi siklon, konvergensi, dan konvergensi di banyak tempat.

BACA: BMKG mengungkap penyebab gempa M5.1 yang melanda Sumba Barat, NTB

Situasi ini berpotensi meningkatkan kekuatan pertumbuhan awan hujan, kata Nurul, dikutip di Jakarta, Minggu. Ia memperkirakan hujan ringan mungkin akan terjadi di Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Palembang, Bengkulu, Pulau Sumatera. diprediksi. Medan, Pekanbaru dan Pangkal Pinang. Cuaca cerah berawan akan terjadi di Padan, Banda Aceh, dan Jambi. Langit mendung terjadi di Serang, Semarang, dan Yogyakarta. Kota Kupang diperkirakan akan berawan. Prakiraan BMKG menyebutkan Pulau Kalimantan akan berawan di Palangka Raya dan kabut di Tanjung Selor. Hujan ringan di Samarinda, kemudian badai petir di Pontianak dan Pulau Banjarmasin, sementara di Mamuju, Makassar, dan Kendari berawan. Sementara hujan ringan diprakirakan terjadi di Gorontalo. Lalu, badai petir di Palu dan Manado Sumbar.

Selain itu, wilayah dengan kecepatan angin lambat atau konvergensi terpantau mulai dari Laut Natuna hingga Laut Cina Selatan, Laut Flores, Teluk Tomini, Teluk Bone, Laut Band, Laut Seram, Laut Halmahera, Laut Arafuru, serta Laut Papua Selatan dan Sulawesi. Laut, kata Nurul, angin permukaan biasanya bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 10 hingga 50 kilometer per jam dari selatan Jawa hingga Bali. Waspadai banjir di pesisir Sumut, pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Timur, pesisir Kalimantan Timur, dan pesisir Kalimantan Barat,” pungkas Analis BMKG Nurul Tazaroh.

BACA: Cuaca hari ini, BMKG memperkirakan hujan ringan hingga lebat akan terjadi di sebagian besar kota besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *