5 Manfaat Rutin Minum Wine, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

saranginews.com, Jakarta – Wine atau anggur merah merupakan minuman beralkohol.

Menyeruput segelas wine diiringi alunan musik klasik yang menenangkan bisa menjadi suasana malam Jumat yang sempurna, sekaligus menyambut akhir pekan.

Baca juga: 5 Risiko Kesehatan dari Minum Wine yang Harus Anda Ketahui

Namun, selain sedikit euforia dan euforia halus, apakah anggur merah benar-benar memiliki manfaat bagi kesehatan?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Sosiologi di Virginia Tech di AS menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dalam anggur merah dikaitkan dengan lebih rendahnya semua penyebab kematian dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum.

Baca selengkapnya: 6 Manfaat Lobak Putih, Ampuh Atasi Penyakit Ini

Namun, itu bukan satu-satunya manfaat anggur merah bagi kesehatan.

Berikut penjelasannya pada laman Healthshots.com.

Baca juga: Pameran Dematic World of Wine undang pakar minuman1. Ini mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada wanita

Pusat Epidemiologi Kanker Australia melakukan penelitian untuk menguji hubungan antara jumlah dan frekuensi konsumsi alkohol dan diabetes tipe 2 dan menemukan bahwa alkohol dalam anggur mengurangi risiko diabetes tipe 2. Mengandung antioksidan

Anggur kaya akan antioksidan termasuk resveratrol, katekin, epikatekin, dan proanthocyanidins.

Diantaranya, proanthocyanidins berperan penting dalam mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Antwerp di Belgia menemukan bahwa proanthocyanidins bertindak sebagai agen kemo dan anti-inflamasi yang mengurangi risiko kematian kardiovaskular. Ini mengurangi risiko depresi pada wanita

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Pengobatan Pencegahan dan Kesehatan Masyarakat Spanyol menemukan bahwa konsumsi anggur dalam jumlah sedang mengurangi depresi, sementara peminum berat berisiko lebih tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi antara 5 dan 15 gram anggur dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Ini mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Konsumsi anggur merah dalam jumlah sedang mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu menjaga kolesterol HDL yang baik dalam darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas New Jersey menemukan bahwa anggur merah menghambat oksidasi lipoprotein oleh sel.

Studi lain dari Fakultas Kedokteran Universitas Toulouse di Perancis menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Ini mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi anggur dan bir dalam jumlah sedang mengurangi kematian secara keseluruhan, terutama akibat penyakit jantung koroner dan kanker akibat alkohol dan polifenol, dua komponen utama anggur.

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi anggur dalam jumlah sedang dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular (CVD), tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker usus besar, sel basal, ovarium, dan prostat.(fny/jpnn)

Baca artikel lainnya… 9 Khasiat Air Rebus Kayu Manis, Membantu Mengobati Berbagai Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *