Pakar TIK Dedi Yudianto: Starlink Memberikan Kesetaraan Informasi Bagi Warga di Desa dan Kota

saranginews.com, JAKARTA – Di tengah penolakan yang terjadi saat ini atas kehadiran Starlink di Indonesia yang diungkapkan sejumlah penggiat IT, penyedia layanan satelit, dan penyedia layanan internet.

Ir. Dedi Yudianto sebenarnya punya pandangan berbeda dan menyambut baik kehadiran layanan Starlink di Indonesia.

BACA JUGA: Presiden KPTIK. Starlink membantu orang-orang di daerah terpencil terhubung dengan dunia

Dedi Yudianto mengatakan, Elon Musk, orang terkaya di dunia, sangat terpengaruh positif dengan peluncuran Starlink.

Generasi muda yang tinggal di daerah terpencil dan pegunungan akan dengan mudah mendapatkan layanan internet.

BACA JUGA: Starlink Dianggap Dapat Membunuh Operator Internet Lokal, Komisi VI. Jangan sampai BUMN dirugikan

“Anak-anak di daerah terpencil dan pegunungan jauh dari akses dan akses internet. “Sekarang Anda bisa mendapatkan layanan pendidikan online gratis maupun berbayar dengan sangat mudah, murah dan banyak pilihannya,” kata Dedi, sapaan akrabnya, usai mengikuti rapat di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Sabtu (8/4/2024). . ) Berpartisipasi. .

Menurut Dedi, generasi muda yang tinggal di pedalaman dan pegunungan kini mempunyai peluang yang sama dengan anak perkotaan di Pulau Jawa dan di kota-kota besar Buban.

BACA JUGA: Starlink Meluncur di Indonesia, DPR RI Minta Pemerintah Bersikap Adil dan Konsisten

Bahkan, kata Dedi, dengan penghasilan yang sama bahkan mungkin lebih karena bisa lebih fokus bekerja di kota.

Pilihannya tidak banyak karena anak perkotaan menanggung biaya yang lebih tinggi, sehingga kemungkinan bermigrasi ke kota pun semakin besar.

Pengusaha IT ini juga mengatakan, di era digital dan online saat ini, sangat mudah bagi siapa saja untuk bekerja dan belajar.

Menurut Dedi, bisnis bisa dilakukan dari mana saja asalkan internet dan listrik bagus.

“Kondisi ini merupakan peluang besar yang harus bisa dimanfaatkan oleh para pembuat konten dan pebisnis online untuk pemasaran online. “Bahkan pekerja dan pengusaha pun bisa menggunakan layanan Starlink dengan internet berkecepatan tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan, harga yang tersedia sangat terjangkau dan tentu saja akan mengubah cara kerja yang selama ini berjalan baik.

Hal ini akan memberikan solusi nyata bagi operator fiber dan nirkabel dengan kapasitas infrastruktur besar namun bandwidth kecil.

CEO Cybers Group sekaligus pemilik portal Guetilang.com ini menyarankan agar para pelaku bisnis bisa menyesuaikan diri dan berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Yang terpenting bagi masyarakat adalah mendapatkan layanan Internet yang terjangkau, cepat, dan berkapasitas besar. “Mereka (masyarakat, Red.) senang karena mendapat layanan Internet, mendapat manfaat untuk usaha dan pekerjaannya,” kata Dedi yang ditunjuk BNPT sebagai Ketua Pelaksana Kompetisi Jurnalis Nasional Perguruan Tinggi se-Indonesia (fr/ ). Jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *