AKBP Ockben Sinaga Jadi Wakil Indonesia di Olimpiade Polisi & Pemadam Kebakaran di AS

saranginews.com, JAKARTA – World Police and Fire Games 2024 atau Olimpiade Polisi dan Pemadam Kebakaran juga akan digelar tahun ini.

Kali ini ajang bergengsi tersebut akan digelar pada 15-21 Juli di Pennsylvania, AS. Indonesia kembali mengirimkan wakilnya, AKBP Okben Sinaga.

BACA JUGA: Vuling PEVS 2023 Tampilkan 8 Mobil Listrik Modifikasi Model Alat Pemadam Kebakaran

Pertandingan Polisi dan Pemadam Kebakaran Dunia 2024 adalah semacam Olimpiade bagi petugas polisi dan petugas pemadam kebakaran dari seluruh dunia.

Peserta harus terdaftar sebagai anggota kepolisian dan pemadam kebakaran. Pada World Police and Fire Games 2024, Okben Sina akan mempertandingkan empat nomor, antara lain 100m, 200m, lompat jauh, dan lompat ganda.

BACA JUGA: Sopir mobil pemadam kebakaran yang menabrak pejalan kaki menjadi tersangka dan sudah ditangkap polisi

“Saya biasanya latihan setiap sore dan saya juga sudah mendapat izin dari kepolisian dan Kapolri untuk mengikuti Kejuaraan Polisi Dunia,” kata Okben, dilansir Antara.

Okben kemudian berjuang sekuat tenaga untuk mengharumkan nama Indonesia terhadap Amerika Serikat.

BACA JUGA: Gaji Pemadam Kebakaran Ini Uangnya Banyak dan Dia Cetak Sendiri

“Secara obyektif ini kompetisi yang sulit, jadi yang utama saya akan berusaha (memperebutkan medali) nanti,” kata Okben.

Okben memiliki pengalaman berpartisipasi dalam Olimpiade kepolisian dan pemadam kebakaran. Dia berpartisipasi dalam Permainan Polisi dan Pemadam Kebakaran Dunia sebanyak empat kali. Debutnya terjadi pada tahun 2017 di Amerika, tepatnya di Los Angeles.

“Saya menempati posisi keempat dalam lari 100m di Los Angeles pada tahun 2017, perunggu pada tahun 2019, dan peringkat ke-4 dalam lari 100m dan 200m di Kanada pada tahun 2023,” kata Okben.

Hati-hati dengan AS

Ockben khawatir akan persaingan dari Amerika Serikat. Apalagi kali ini mereka akan menjadi tamu. “Biasanya Amerika paling banyak bersaing dalam kejuaraan kepolisian ini. Negara-negara Asia lebih sedikit, mungkin Tiongkok.”

Oakben bukan satu-satunya anggota kepolisian nasional di World Police and Fire Games 2024. Brigadir Richard Johannes juga hadir. Bedanya, Johannes berkompetisi di renang.

“Ada juga Brigjen Richard Johans yang akan bertanding di renang. Nanti akan bertanding di enam event di Amerika. Usianya masih muda,” tambah Okben (ray/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *