Soal Lahan IKN, Presiden Jokowi Ingin Mengutamakan Kepentingan Masyarakat

saranginews.com, JAKARTA – Pemerintah tengah menyiapkan opsi terbaik untuk menuntaskan pembebasan lahan proyek Ibukota Kepulauan (IKN) seluas 2.086 hektare.

Kesimpulannya, pemerintah tidak akan mengabaikan kepentingan masyarakat yang terkena dampak.

Baca selengkapnya: Membangun hub telekomunikasi dan digital di PLN ICON Plus dan PLN IKN

Plt Kepala Badan IKN (OIKN), Basuki Hadimuljono mengatakan, Perpres Penanganan Dampak Sosial (PDSK) Plus akan digunakan untuk mengatasi permasalahan pertanahan.

Melalui PDSK Plus, masyarakat bisa direlokasi, pembangunan rumah bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan masyarakat.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 2 Keputusan Presiden untuk Penyelesaian Tanah dan Status IKN

“Perintah Presiden mengutamakan kebutuhan masyarakat,” kata Basuki.

Menurut Basuki, Wakil Ketua OIKN, Wakil Menteri ATR/Waka BPN, Raja Julie Antoni dan Menteri Negara Pak Pratikono sedang menyusun Perpres PDSK Plus.

Baca Juga: PDIP Mulai Soroti Perkembangan IKN, Sebut Banyak Permintaan Investor

Selain itu, perintah presiden juga diperlukan untuk menjamin investasi tersebut. Peraturan Presiden itu mengatur soal ganti rugi tanah.

“Karena itu yang menjadi landasan dalam berinvestasi. Jadi kita selesaikan dulu dengan HGB yang bersih agar masyarakat lebih mendapat kepastian hukum untuk bisa berinvestasi,” kata Basuki.

Dalam kunjungannya ke IKN awal pekan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan malam bersama beberapa tokoh adat dan agama di Plaza Festival Mata Nasional IKN. Momen tersebut pun ia bagikan melalui akun Instagram miliknya.

“Kami menikmati makan malam di Plaza Festival Sumbu Kebangsaan bersama Pj Ketua dan Wakil Ketua OIKN, tokoh adat dan tokoh agama, berdiskusi tentang apa yang bisa dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat,” tulis Jokowi.

Ketua Umum Persatuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Zahari Jang Swara mengatakan kepada Kaltim bahwa dirinya adalah orang yang makan malam bersama Jokowi.

Menurutnya, Badan Pusat Statistik Kaltim berkomitmen memantau perkembangan IKN. 

Tentu kami senang dengan apa yang disampaikan Pak Jokowi, IKN akan terus berjalan, kata Jang. (flo/jpnn) Dengar! Video Pilihan Editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *