Kemnaker: Kerja Sama Indonesia-Filipina Diharapkan Akan Terus Berkembang

saranginews.com, JENEWA – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Anwar Sanusi, mengatakan Indonesia bertekad memperkuat kerja sama dengan Filipina di bidang ketenagakerjaan.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen Anwar dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Tenaga Kerja Filipina Benedicto Ernesto R. Bitonio.

BACA JUGA: Di Forum ILC, Kementerian Ketenagakerjaan memaparkan langkah konkrit Indonesia mengatasi bahaya biologis di tempat kerja

Pertemuan bilateral ini fokus pada kerja sama ASEAN, dukungan bersama terhadap Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), dan kerja sama isu ketenagakerjaan untuk kemaslahatan rakyat, kata Anwar. ), Jenewa, Kamis (6/6).

Anwar menyampaikan apresiasinya terhadap kepemimpinan Filipina pada pertemuan Menteri Perburuhan ASEAN (ALMM) dan Senior Labour Leaders’ Meeting (SLOM) periode 2022-2024.

BACA JUGA: Ini upaya Kementerian Ketenagakerjaan untuk terus memperkuat penerapan K3 di tempat kerja

Ia mendesak Filipina untuk mendukung rencana Indonesia pada KTT ASEAN mendatang, khususnya terkait peraturan ASEAN tentang penempatan dan perlindungan pekerja migran perikanan.

Menurut Anwar, Indonesia dan Filipina sepakat untuk saling mendukung dalam komite ahli ILO.

BACA JUGA: Sekjen Ketenagakerjaan Anwar Desak Norma Baru Ekonomi Digital di Forum ASPAG

Ia menegaskan, Indonesia berkomitmen untuk memberikan informasi yang diperlukan terkait implementasi Konvensi 98 (Hak untuk Berorganisasi dan Berorganisasi) di Indonesia dan mengapresiasi tanggapan Filipina yang turut berkontribusi dalam penyampaian komentar tertulis kepada ILO.

Indonesia memandang Filipina sebagai mitra dalam mempromosikan kepentingan negara-negara berkembang di ILO.

“Kami berharap dapat terus bekerja sama dalam isu-isu seperti demokratisasi tata kelola ILO, ekonomi layanan kesehatan, migrasi dan perlindungan pekerja migran,” jelas Anwar.

Kedua negara berkomitmen untuk mendorong independensi dan keterwakilan dalam proses pengambilan keputusan ILO.

Anwar Sanusi menutup pidatonya dengan optimisme mengenai manfaat pertemuan bilateral ini bagi kedua negara.

“Saya berharap kerja sama yang kuat antara Indonesia dan Filipina dalam bidang ketenagakerjaan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kehidupan masyarakat kita,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Tenaga Kerja Filipina Benedicto Ernesto R. Bitonio menyambut baik peningkatan kerja sama dan kerja sama ketenagakerjaan antara Indonesia dan Filipina serta memuji kepemimpinan Sekjen Anwar Sanusi sebagai ketua koordinator ASEAN di ILO periode 2021-2024. (jpnn)

BACA LEBIH LANJUT… Pertemuan dengan Ketua APO Fiji, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan untuk membahas kebijakan pengupahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *