Bamsoet Minta TNI-Polri Kejar KKB Pelaku Penembakan Prajurit di Papua Pegunungan

saranginews.com – JAKARTA – Ketua MPR Bambang Sosatyo mengecam penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap prajurit TNI di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Gunung Papua.

Bamsoet, alias Bambang Sosatyo, meminta TNI dan Polri segera mengejar anggota KKB yang melepaskan tembakan. Selain mengkritik KKB, Bamsoet juga meminta TNI-Polri mengambil tindakan tegas dan terukur terhadap kelompok tersebut.

Baca juga: KKB Beli Senjata dari Oknum Ini

“Kami meminta pihak kepolisian dengan bantuan satuan TNI segera mengejar dan mempersempit pergerakan pelaku penembakan, serta mengambil tindakan tegas dan tepat sasaran terhadap KKB,” kata Bamsoet dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (7/6). .

Politisi Partai Golkar itu mengimbau pemerintah pusat dan daerah tetap tegas dalam menangani permasalahan KKB yang telah berulang kali melakukan tindakan yang menimbulkan korban jiwa dan mengganggu serta mengganggu keselamatan dan kenyamanan masyarakat setempat.

Baca juga: Sopir Ojek Ditembak KKB di Punkajaya

Selain itu, Bamsoet juga meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyelidiki secara mendalam penyebab konflik di Papua untuk mengatasi akar permasalahan dan mencari solusi yang tepat dari atas hingga bawah.

Ia mendesak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama menyusun langkah strategis perubahan hubungan dengan KKB di Papua. “Melalui pendekatan kolaboratif dan holistik, untuk menjaga dan meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat Papua pada khususnya,” ujarnya.

Baca juga: Sekutu Pimpinan KKB Tewas dalam Baku Tembak Kontak dengan TNI Polri

Sebelumnya, KKB Kodap XVI Yahukimo melepaskan tembakan pada Kamis (6/6) malam di Jalan Seradala, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Pegunungan Papua.

Penyerangan tersebut mengakibatkan anggota Kodim 1715/Yahukimo, Pratu Rajami Uhio, terluka akibat tembakan.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf. Candra Kurniawan mengatakan TNI/POLRI saat ini sedang mengejar anggota OPM yang menembak tentara di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Gunung Papua. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *