3 Skenario Timnas Indonesia ke Putaran Ketiga, Peluang Cukup Besar

saranginews.com – JAKARTA – Indonesia kalah 2-0 dari Irak pada laga putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6) sore WIB.

Meski demikian, Timnas Indonesia masih berpeluang melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Kalah: Momen Erick Thohir Menarik Tangan Hernando Ari

Pada laga kelima leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Asia, Garuda tampil lebih baik dari dua laga sebelumnya saat kalah 1-5 di laga pembuka Irak di Basra. Pada laga pembuka Piala Asia yang digelar di Qatar 2023, mereka kalah 1-3 di babak kedua.

Di atas lapangan, timnas Indonesia yang dipimpin Jordi Amat menciptakan peluang berbahaya saat melawan Irak.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Kalah, STY: Saya Tak Ajak Dia Bicara Beberapa Hari Ke Depan

Namun, keputusan penutupan yang buruk membuat Garuda mendapat skor nol.

Sebaliknya, Singa Mesopotamia justru memanfaatkan dua kesalahan individu pemain Indonesia sehingga sudah mengamankan dua gol.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Vietnam Menang, Apa Pengaruhnya Terhadap Indonesia?

Handball Justin Hubner membuat Irak mendapat penalti dan Aymen Hussain, eksekutor yang ditunjuk, berhasil menaklukkan kiper Hernando Ari pada menit ke-54.

Gol kedua Irak dicetak pada menit ke-88 oleh pencetak gol terbanyak Piala Asia U-23 Qatar 2024 Ali Jassim yang memanfaatkan kesalahan Hernando di kotak penalti.

Sebaliknya, lawan terberat Indonesia, Vietnam, mengalahkan Filipina 3-2 di Stadion My Dinh Hanoi, Kamis.

Pertandingan hampir berakhir dengan skor 2-2, namun gol telat dari Pham Tuan Hai pada menit ke-90+5. Menitnya Golden Stars meraih posisi kedua dan memperkecil jarak dengan Indonesia menjadi hanya satu poin di klasemen. Selisih sebelumnya adalah empat poin.

Hasil ini menjadi penentu negara mana yang mendampingi Irak ke babak ketiga, Indonesia menghadapi Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6) WIB pukul 19.30 WIB dan Vietnam menghadapi Irak di Basra International Stadium. Rabu (12/6) pukul 01.00 WIB.

Timnas Indonesia harus menang melawan Filipina untuk mengamankan tempat di babak ketiga tanpa khawatir dengan hasil konflik Vietnam dengan Irak beberapa jam lagi.

Dalam delapan pertandingan melawan Filipina, Indonesia menang empat kali, seri tiga kali, dan kalah satu kali.

Rekor pertemuan ini setidaknya menjadi penyemangat energi positif bagi Rizky Ridho dan kawan-kawan, meski di sisi lain permainan Filipina juga meningkat pesat dalam beberapa waktu terakhir.

Sementara itu, Vietnam yang mengharapkan hasil positif di laga terakhirnya dihantui rekor kurang baik saat melawan Irak pada Oktober 2015 dengan empat kekalahan dan sekali imbang di lima laga terakhirnya.

Namun Indonesia berpeluang melaju ke babak ketiga jika menang, seri, atau bahkan kalah.

Bagaimana skenarionya, lihat di bawah.

Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Menang

Jika Indonesia berhasil mengalahkan Filipina yang berada di posisi terakhir pada laga terakhir babak ke-2, maka hasil laga tandang Vietnam melawan Irak tidak akan mempengaruhi klasemen.

Indonesia mendapat 10 poin dan jika Vietnam mencuri tiga poin dari Irak, maka Vietnam masih berada di peringkat ketiga dengan 9 poin berapa pun skornya.

Jika Indonesia bermain imbang dengan Filipina, Vietnam harus bermain imbang dengan Irak di laga final.

Hasil imbang kedua tim akan membuat Indonesia unggul satu poin dari peringkat kedua Vietnam dengan delapan poin dan peringkat ketiga Vietnam dengan tujuh poin.

Keuntungan lainnya adalah kekalahan Vietnam dari Irak membuat Indonesia berada di peringkat kedua, unggul dua poin dari Bintang Emas.

Jika kalah di Filipina, dan Vietnam juga kalah melawan Irak, Indonesia berpeluang lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dengan hasil ini, poin kedua tim tidak berubah dan Indonesia lolos ke babak ketiga dengan 7 poin.

Sedangkan jika Vietnam bermain imbang dengan Irak, maka “Bintang Emas” akan melaju ke babak selanjutnya.

Pasalnya, Vietnam lebih unggul dalam selisih gol, meski jika melihat rekor head-to-head mereka, Indonesia punya rekor sempurna melawan negara yang sering terlihat di putaran kedua Piala AFF. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *