Rwanda Sepakat dengan Sikap Indonesia Terkait Konflik Israel-Palestina

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) dan Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda menekankan pentingnya memperkuat upaya mendukung Palestina.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda Vincent Biruta di Kementerian Luar Negeri RI, mengatakan, “Mengenai isu Palestina, kami menyadari pentingnya memperkuat upaya mendukung Palestina, beliau mengatakan hal yang sama hal tentang ini. , Batavia Kamis.

JUGA: Puan, yang menghadiri Forum Perempuan Parlemen Dunia di Rwanda, mengatakan:

Menurut Kementerian Luar Negeri, dukungan terhadap Palestina dapat mencakup penerapan solusi status ganda dan mendorong Palestina untuk bergabung sepenuhnya dengan PBB.

Kedua negara memantau dengan cermat situasi di Gaza, termasuk gencatan senjata yang diusulkan baru-baru ini, dengan harapan perdamaian abadi dapat dipulihkan dan bantuan kemanusiaan dapat mengalir tanpa hambatan.

Baca juga: Hindari Krisis, Mahasiswa Afghanistan Akan Pindah ke Rwanda

“Saya dan Menteri Biruta juga sepakat bahwa Global South harus memainkan peran yang lebih besar dalam membentuk agenda global. Global South harus memperkuat persatuan dan kerja sama,” kata Menlu merujuk pada negara-negara di Global South. Bagian selatan dunia.

Untuk itu, Menlu menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Indonesia-Africa Forum yang kedua dan akan mengundang Rwanda untuk hadir.

Baca juga: Presiden Macron Akui Peran Prancis dalam Genosida Rwanda.

Sementara itu, dalam pertemuan bilateral kali ini, Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda, Vincent Biruta, selain merasakan hal yang sama mengenai isu Palestina, mengatakan bahwa kunjungan ke Indonesia ini merupakan tonggak besar dalam hubungan kedua negara.

Menteri Luar Negeri Biruta juga mengumumkan pembukaan Kedutaan Besar Republik Rwanda di Jakarta hari ini.

Perdana Menteri Biruta berharap melalui pertemuan bilateral yang dilakukan berbagai perjanjian kerja sama dan pembukaan kedutaan besar di Indonesia ini, hubungan kedua negara akan semakin meningkat dan memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *