Suami BCL Terjerat Kasus Penggelapan, Begini Kronologinya

saranginews.com, JAKARTA – Suami Bunga Citra Lestari (BCL), Tiko Aryawardhana terjerat kasus penipuan senilai Rp 6,9 miliar.

Ia dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan pada tahun 2022 oleh mantan istrinya Arina Winarto (AW).

BACA JUGA: Suami BCL yang diduga menipu Rp 6,9 Miliar, menjadi korban…

Kuasa hukum AW, Leo Siregar mengungkapkan, kejadian tersebut terjadi antara tahun 2015 hingga 2021.

Saat itu, AW dan Tiko memutuskan untuk mendirikan perusahaan bernama PT Arjuna Advaya Sanjaya (AAS) yang bergerak di bidang makanan dan minuman.

Baca Juga: Suami BCL menyerahkan diri karena penipuan Rp 6,9 miliar, kata polisi

“Kemudian klien kami menjadi komisaris dan Tico menjadi direktur, namun modal perseroan seluruhnya berasal dari klien kami,” kata Leo dalam siaran pers, Selasa (4/6).

Seiring berjalannya waktu, Tiko mempunyai kewenangan penuh, termasuk urusan keuangan, karena AW tidak terlalu mencampuri urusan bisnisnya.

Baca juga: Suami BCL Diduga Ditipu Rp 6,9 Miliar

AW menduga kekuasaan yang tidak terkendali ini memberi keleluasaan bagi suami BCL untuk menggelapkan dana yang menurutnya merugikan perusahaan.

“Klien kami dari dulu tahu usahanya bagus, tapi tiba-tiba di 2019 Tico bilang tutup usahanya karena tak sanggup bayar sewa. Nah, ini aneh,” ujarnya.

Pada tahun 2021, kecurigaan terhadap dugaan penipuan ini semakin meningkat. AW menemukan dua dokumen berupa P&L (Laba dan Rugi) yang mencurigakan.

Dokumen-dokumen tersebut mengungkap kejanggalan terkait manipulasi catatan untuk menyembunyikan posisi keuangan sebenarnya perusahaan AW.

AW kemudian melakukan audit investigatif melalui auditor independen dan menemukan adanya ketidakjelasan penggunaan dana sebesar Rp6,9 miliar. (mcr31/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *