RestorActive Fest Jadi Ikhtiar Nestle Membawa Para Lansia Mencapai Hidup Bahagia

saranginews.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2024 yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, Nestle Boost Optimum meluncurkan program RestorActive Fest.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong masyarakat lanjut usia (lansia) untuk menjalani pola hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Baca Juga: Nestlé Luncurkan Minuman Energi Milo Nutriactive, Multigrain

Wakil Menteri Koordinasi Reformasi Kesejahteraan Sosial, Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Adi Rastama mengapresiasi program Nestlé Boost Optimum dalam mendukung Strategi Nasional Penuaan (Perpres No. 88 Tahun 2021) yang dilaksanakan mulai tahun 2023. Melalui program “4 sehat 5 bahagia”.

“Melalui kegiatan Rejuvenation Festival yang merupakan kolaborasi multisektoral, Nestlé Boost Optim mengedukasi masyarakat lanjut usia tentang bagaimana menjadi usia yang sehat dan bahagia,” kata Ade dalam keterangannya, Rabu (5/6).

Baca juga: Nestle Milo Berbagi Kebahagiaan untuk 500.000 Anak di Indonesia

RestorActive Fest merupakan hasil kerja sama Nestlé Boost Optimum of Pentahelix dengan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), pengurus pusat Persatuan Gerontologi Kedokteran Indonesia (PP PERGEMI), Divisi Geriatri FKUI. RSCM, dan komunitas lanjut usia.

“Kegiatan kemitraan strategis ini juga mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan lansia di Indonesia. Kami berharap komitmen melalui kegiatan RestorActive Fest semakin meningkat dan berkelanjutan di tingkat nasional,” jelas Ade

Baca Juga: Nestlé Merayakan 50 Tahun Festival Di Indonesia Dengan Acara Spesial

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), persentase penduduk lanjut usia di Indonesia akan mencapai 11,75 persen pada tahun 2023 dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2045.

“Seiring bertambahnya usia, tantangan kesehatan yang dihadapi lansia memerlukan perhatian khusus,” tambah Erfin Suraidah, Executive Officer, Nestlé Health Sciences Business.

Salah satu tantangan tersebut adalah malnutrisi dan berkurangnya kapasitas fisik, yang berdampak serius pada kesehatan dan kualitas hidup lansia.

“Nestle Boost Optim aktif memberikan semangat kepada para lansia melalui kegiatan berkelanjutan dan fokus pada edukasi “4 Sehat 5 Bahagia”, yaitu mencapai pilar gizi, kenyamanan, kebahagiaan melalui konsumsi ragam makanan bergizi seimbang.

Nestlé Health Science merupakan bagian dari produk Nestlé Boost Optimum yang mengandung kebaikan whey protein yang terbukti secara klinis meningkatkan kekuatan otot dalam enam minggu.

Menyusul peluncuran gerakan “4 Sehat 5 Bahagia” pada tahun 2023, pada tahun ini Nestlé Boost Optim meluncurkan acara RestorActive Fest.

Program dengan Nestle Boost Optimum ini menindaklanjuti hasil penelitian PP PERGEMI dan Divisi Geriatri FKUI RSCM yang melibatkan 120 responden lansia mengenai pengaruh Konsumsi Optimum Boost dan pelatihan ketahanan selama 12 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan BOOST secara optimal dan latihan fisik yang teratur dapat mencegah kelemahan otot, memperkuat otot dan meningkatkan kualitas hidup.

Pembimbing PP PERGEMI, Prof.Dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM mengatakan, permasalahan kesehatan pada lansia diawali dari memburuknya sel-sel tubuh.

Fungsi dan daya tahan tubuh menurun sehingga meningkatkan risiko penyakit.

Seorang konsultan geriatri penyakit dalam mengatakan, “Jika kita melihat kesehatan lansia, kita tidak hanya fokus pada penyakitnya saja, tapi kita juga fokus pada bagaimana memenuhi kebutuhan lansia, termasuk kebutuhan nutrisinya.

“Untuk menjaga kemandirian di hari tua, penting bagi para lansia untuk fokus pada pola makan seimbang dan tetap aktif.”

Sebagai komitmen berkelanjutan, Nestle Boost Optimum memperluas jangkauan program RestorActive di puskesmas dan komunitas lansia di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia bersama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia dan PP PERGEMI.

Koordinator Komunitas Lansia JJS 86 Jabodetabek Wahyu Hardaningtyas mengatakan, “Kami berterima kasih atas dukungan Nestlé Boost Optimum dalam memberikan kegiatan olah raga sehat, pemeriksaan kesehatan dan nutrisi bagi lansia di Jakarta.” (rdo/jpnn)

Baca artikel lainnya… PMI mengapresiasi Nestlé Indonesia atas sumbangan bantuan kemanusiaan sebesar Rp 1 miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *