Praja IPDN Resmi Mengakhiri Latsitardanus XLIV

saranginews.com, KALIMANTAN TIMUR – Praja IPDN Kementerian Dalam Negeri resmi menyelesaikan kegiatannya dalam Pelatihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV pada tahun 2024. 

Manajer IPDN, Prof. Dr. Dr. H. Hadi Prabowo, M.M menyampaikan apresiasi kepada 200 praja IPDN dan seluruh peserta lainnya yang menunjukkan semangat juang yang tinggi dalam menggunakan segala ilmu dan gagasan untuk berkontribusi bagi masyarakat Kalimantan Timur. 

UPDATE: Prihatin dengan bencana Sumbar, IPDN Kemendagri mengabarkan akan memberikan bantuan

“Pekerjaan ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan yang meliputi berbagai kegiatan fisik dan non fisik, serta pekerjaan bakti sosial dan masih banyak lagi”, ungkap guru tersebut. Hadi pada pidato penutup Latsitardanus di Lapangan Merdeka 2 Balikpapan, Rabu (5/6). 

Upacara penutupan Latsitardanus dipimpin langsung oleh Dannjen Akademi TNI, Letjen TNI Rudianto dan Kadisdiklat Polri Komjen Pol. Purwadi Arianto sebagai Inspektur Acara. 

UPDATE: IPDN berikan penghargaan kepada 5 kepala daerah, selamat

Para Bloomer. Hadi mengatakan, pada latihan kali ini IPDN praja dibagi menjadi empat unit pelatihan yang tersebar di empat kabupaten/kota yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Mereka terlibat langsung dalam perbaikan institusi dan infrastruktur, seperti jalan, rumah tak berpenghuni, tempat ibadah, pembangunan shelter, pembersihan saluran air dan sungai, pipa, pondasi, pembuatan gorong-gorong, penggalian sumur, pembuatan monumen latsitarda. 

BACA JUGA: 200 Praja IPDN Masuk Latsitardanus XLIV, Rektor Hadi: Integritas dan Komitmen

“Beliau juga memberikan pendidikan di lembaga pendidikan di bidang narkoba, kesehatan, serta promosi di lembaga pendidikan tempat mereka tinggal, serta melakukan penelitian sosial,” ujarnya. 

Diketahui, selain praja IPDN, latihan ini juga diikuti 417 taruna Akmil, 126 taruna AAL, 111 taruna AAU, 247 taruna Akpol, 95 taruna SSN Poltek, dan 192 taruna Universitas Pertahanan (Unhan). Total peserta yang mengikuti Latsitardanus sebanyak 1.388 orang.

Panglima TNI yang diwakili Danjen Akademi TNI menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta atas dedikasi, perilaku dan ketaatan yang ditunjukkan selama pelatihan.

“Kami berharap proyek ini dapat meningkatkan kerja sama dan kerja sama dalam pembangunan NKRI. Kami berharap sinergi ini dapat terus terjalin dan menjadi manfaat penting dalam mengabdi di masa depan,” ujarnya. 

Kalemdiklat Polri juga menyampaikan hal serupa, proyek ini dapat berjalan dengan baik berkat kerja sama dan dukungan semua pihak yang terlibat. 

Ia berharap proyek ini menjadi wujud nyata pelayanan publik yang dilakukan peserta Latsitarda. Kehadiran peserta diharapkan dapat menciptakan hubungan yang hangat dengan lingkungan dan masyarakat.

“Kami berharap dialog ini dapat mengenalkan tradisi, adat istiadat, dan kearifan lokal kepada para peserta sehingga menimbulkan rasa cinta tanah air,” imbuhnya. 

Diterjemahkan oleh Gubernur Kalimantan Timur Prof. Akmal Malik beserta jajaran yang mewakili seluruh masyarakat Kalimantan Timur mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Latsitardanus tahun ini.

“Kami masyarakat Kalimantan Timur merasa sangat terbantu dengan hadirnya perwira dan taruna di daerah kami. “Mereka membantu mengembangkan institusi pemerintah dan yang terpenting masyarakat khususnya pelajar mempunyai motivasi untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan,” tutupnya (esy/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *