Menko Airlangga akan Bertemu Pejabat Penting di PTM IPEF, Ini yang Dibahas

saranginews.com, SINGAPURA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlang Harthart menghadiri rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), IPEF Clean Economy Investor Forum (CEIF) dan kerja ekonomi Bilateral ke-6 Pertemuan Tingkat Menteri EWG akan diadakan di Marina Bay Sands Singapura pada 5-8 Juni 2024.

Pertemuan IPEF di tingkat menteri akan membahas langkah selanjutnya dalam kerangka Poros Dua (Rantai Pasokan), serta penandatanganan Poros III (Ekonomi Bersih), IV (Ekonomi Berkeadilan) dan Perjanjian Umum.

BACA JUGA: Menko Irlangga kunjungi fasilitas CNGR terintegrasi di China

Mengawali agenda pertemuan bilateral, Ketua Umum Golkar dijadwalkan bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raymond di Hotel Fullerton pada Rabu (6/5).

Menko Airlangga akan membahas langkah selanjutnya berdasarkan Pilar II (Supply Chain) berupa proses ratifikasi di masing-masing anggota IPEF.

BACA JUGA: Menko Airlangga dan Menhan Prabov Kunjungi Sekjen OECD, Ini yang Dibahas

Selain itu, beliau juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dan menandatangani Nota Kesepahaman implementasi Pasal 6 Perjanjian Paris dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan.

Selain itu, akan ada pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Jepang Tsuji Kyoto.

BACA JUGA: Sesampainya dari Korea, Menko Airlangga Perkenalkan Jokowi Hadiri Nikkei Forum 2024 di Tokyo

Dalam rangkaian pertemuan tingkat menteri IPEF ini, Menko Airlangga juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Wakil Perdana Menteri Singapura Gang Kim Yong serta jajaran pemerintah Singapura lainnya.

Selain Pertemuan Tingkat Menteri IPEF, Menteri Koordinator Airlangga juga akan menjadi pembicara pada acara Dialog Infrastruktur Berkelanjutan Forum Investor Ekonomi Bersih (CEIF).

Pada kesempatan ini, mantan Menteri Perindustrian ini akan menjelaskan kebijakan Indonesia dalam penerapan infrastruktur berkelanjutan.

Hadir mendampingi Menko Airlanggu dalam Pertemuan Tingkat Menteri IPEF di Singapura adalah Menteri Koordinator Perekonomian Susividjon Moegiarsa bersama tim ahli dan pejabat Kementerian Koordinator Perekonomian.

Kami berharap kehadiran Menko Airlangga pada acara ini dapat meningkatkan peran penting Indonesia dalam IPEF dan peran penting Indonesia dalam kerja sama regional Indo-Pasifik, yang akan membawa manfaat nyata dalam mendorong pembangunan ekonomi Indonesia. (Jepang)

BACA ARTIKEL LEBIH LANJUT… Menko Ilangga Wakili Presiden Jokowi di Forum Nikkei 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *