Kapan Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK? Simak Perkembangan Terbaru

saranginews.com – KOTA BENGKULU – Jadwal pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 masih harus menunggu untuk menentukan komposisi masing-masing pemerintah pusat dan daerah.

Sebelum memutuskan pendirian CPNS 2024 dan PPPK 2024, terlebih dahulu dilakukan verifikasi dan validasi (verval) terhadap rincian pendirian yang diusulkan instansi tersebut.

Baca Juga: Kabar Baik dari Komisi II DPR soal Pengangkatan Terhormat PPPK

Tampaknya ada lembaga yang mengusulkan kuota tambahan, sehingga verifikasi detail pembangunan mungkin tertunda karena lebih banyak data yang ditinjau.

Salah satu instansi yang mengusulkan pembentukan CPNS 2024 selain Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB), yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Bekulu.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK & CPNS 2024: Informasi Terbaru Detail Penyiapan

“Sebelumnya kuota (CPNS) di Kota Bengkulu sebanyak 113 CPNS, namun kami sudah usulkan 100 lagi sehingga menjadi 213 formasi,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bengkulu di Bengkulu, Selasa. (4/6)

Achrawi menjelaskan, usulan penambahan formasi CPNS akan terlebih dahulu diverifikasi oleh Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca Juga: Kabar Terkini PP Manajemen ASN, Honors Penasaran PPPK Paruh Waktu? Bersabarlah

“Informasinya sudah kami teruskan ke BKN dan Kementerian PANRB untuk dilakukan verifikasi. Setelah itu baru kita dapat hasil bersihnya, apakah semua menyetujui pendirian tersebut atau tidak,” ujarnya.

Achravi menjelaskan, usulan penambahan komposisi tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ASN di lingkungan Pemkot Bekulu.

Pasalnya, kata Achravi, banyak ASN di posisi strategis yang pensiun.

Sebelumnya, pendaftaran CPNS 2024 dan pegawai pemerintah dengan kontrak kerja (PPPK) rencananya akan dilakukan pada Juni atau Juli 2024.

Sebelum penggabungan, Pemkot Bekulu diberikan kuota CPNS sebanyak 113 orang dan kuota PPPK sebanyak 2.394 orang.

Kuota CPNS di Kota Bengkulu terbagi dalam dua kategori, yakni 40 orang untuk tenaga kesehatan (telanjang) dan 73 kuota untuk tenaga teknis di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah tersebut.

Kemudian kuota PPPK sebanyak 2.394 orang yang masih dikhususkan untuk seluruh pegawai kota yang berstatus pegawai tidak tetap (PTT) atau honorer di Kota Bengkulu.

Rinciannya, 58 kuota mengajar, 294 kuota tenaga kesehatan, dan 2.043 kuota tenaga teknis yang dibagikan ke seluruh bagian rawat jalan termasuk Satuan Polisi Pamong Praja Kota (SATPOL PP) Kota Bekulu. (sam/antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *