Jokowi Groundbreking Pembangunan Universitas Pertama di IKN

saranginews.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau peletakan batu pertama Universitas Gunadarma di Kawasan Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Jokowi mengatakan, perkembangan tersebut karena pentingnya sumber daya pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

BACA: Dikonfirmasi Presiden Jokowi, SMRA Pendiri Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara di IKN

“Pekerja yang kita miliki akan berkualitas karena sekarang ada persaingan antar negara,” kata Jokowi di IKN, Selasa (04/06).

Jokowi meyakini kehadiran perguruan tinggi di kawasan IKN dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas tenaga kerja di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur.

BACA: Penunjukan Basuki Hadimuljono sebagai Pj Kepala IKN mendapat respons positif

Menurutnya, masyarakat sekitar IKN membutuhkan fasilitas pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

“Saya bersyukur sekali, bersyukur dengan berdirinya perguruan tinggi pertama yang dibangun di IKN yaitu Universitas Gunadarma yang nantinya akan memimpin program doktor internasional yang bekerjasama dengan universitas di Perancis, Slovakia dan Swedia,” jelasnya.

BACA: Menpora Dukung Gatetara, Pastikan Pembangunan IKN Ramah Pemuda

Rencana pembangunan lembaga pendidikan di kawasan IKN merupakan langkah penting dalam upaya Pemerintah memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Selain Jokowi, acara peletakan batu pertama tersebut dihadiri Menteri Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang turut hadir di kantor. Kepala Kantor IKN Basuki Hadimuljono.

Juga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana. Wakil Kepala Kantor IKN Raja Juli Antoni, kurator IKN Ridwan Kamil, Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LENGKAP… Bantu Pemulihan Cianjur, Universitas Gunadarma Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *