Cukup Rp 200 Ribu, Redpumpkin Generative AI Siap Jaga Data UMKM

saranginews.com, JAKARTA – Salah satu tantangan kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era digital adalah keterbatasan sumber daya. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI).

“Biasanya tantangannya adalah sumber daya yang terbatas, tapi kita perlu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan kecerdasan buatan,” kata CEO dan pendiri ICS Compute, Budhi Wibawa, dalam Media Briefing peluncuran Redpumpkin Generative AI. . Platform pendukung ICS Compute, di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

Baca selengkapnya: Pusat Komando Bawaslu harus menjamin keamanan data

Menurutnya, platform asisten AI Generatif Redpumpkin yang dibangun menggunakan Amazon Web Services (AWS) dapat memberikan kemudahan pengoperasian pada bisnis UMKM, apalagi didukung dengan kinerjanya yang tangguh. Harga paling murah mulai dari 200.000 kip per bulan. 

“Ini sangat cocok bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin berkembang. Dengan kucuran dana Rp 200 ribu, UMKM bisa mendapatkan teknologi yang lebih modern,” ujarnya.

Baca selengkapnya: Synology Memperkenalkan Solusi Keamanan Data

Platform ini juga menjamin keamanan dan privasi data pengguna dengan perjanjian tingkat layanan (SLA) terbaik dan menerapkan praktik pencadangan dan pemulihan terbaik. 

Platform ini juga dapat memproses teks, gambar, dokumen dan URL serta mendukung berbagai jenis data seperti konten web (HTML), file teks (TXT, CSV, Markdown), PDF, file Microsoft Office (PPTX, DOCX, XLSX), dan transkrip dari YouTube.  Hal ini juga memungkinkan bisnis untuk melatih asisten virtual dengan informasi yang relevan untuk merespons pelanggan dengan benar melalui fitur “pemicu”.

Baca selengkapnya: TSDN 2023 Lahirkan Inovasi dan Talenta Baru Satpam Informasi Indonesia

“ICS Compute juga memberikan dukungan penuh mulai dari konsultasi hingga pelatihan agar pengguna dapat dengan mudah mengadopsi teknologi ini,” jelas Budhi. 

Teknologi AI dapat digunakan dalam ritel dan e-commerce, perhotelan dan pariwisata dengan layanan 24/7, layanan kesehatan dengan jadwal dan pertanyaan umum, pendidikan manajemen yang efektif, keuangan dan asuransi dengan informasi real-time, dan dukungan teknis dalam produksi.

Pada saat yang sama, ketua organisasi mitra ASEAN Amazon Web Services (AWS) Kirsten Gilbertson menambahkan bahwa Gen AI akan membuat waktu masyarakat lebih efisien. Ini juga mendukung aktivitas sehari-hari. 

“AI dapat bekerja berdampingan dengan manusia dan mendukung aktivitas sehari-hari, selain itu juga memiliki fitur keamanan sehingga privasi terjamin,” ujarnya. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *