Bangun Energi Berkelanjutan di IKN, Pertamina Jalin Kolaborasi dengan Berbagai Pihak

saranginews.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun energi berkelanjutan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Pertamina berperan utama dalam transisi energi dan berupaya menciptakan ekosistem energi berkelanjutan di IKN sehingga IKN dapat mencapai visinya sebagai kota terbaik di dunia sekaligus berkontribusi terhadap pencapaian Zero Emission (NZE) Indonesia.

BACA JUGA: Pertamina-Bakrie Group Gandeng, Dirikan Nusantara Sustainability Center di IKN

Vice President Corporate Communications Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan inovasi energi berkelanjutan harus ditingkatkan untuk menjawab tantangan iklim masa depan.

“Pertamina fokus mengembangkan inovasi tersebut melalui berbagai cara, mulai dari penyiapan talenta untuk mendorong keberlanjutan hingga mendorong penelitian sumber energi alternatif yang sesuai,” kata Fadjar dalam keterangan resminya, Rabu (5/6).

BACA JUGA: Ajang Inovasi Pertamina ke-14 resmi dibuka, akan diberikan 10 kategori penghargaan

Untuk mempercepat visi energi berkelanjutan tersebut, kata Fadjar, Pertamina melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti lembaga pemerintah, mitra usaha asing dan nasional, serta universitas dan akademisi dalam dan luar negeri.

Fadjar mengatakan komitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan energi berkelanjutan di IKN sejalan dengan konsep IKN yaitu Smart City Forest.

BACA JUGA: Pertamina siapkan SDM berkualitas sebagai penggerak keberlanjutan di Indonesia

Awal mula komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pembangunan Pertamina Sustainable Energy Center dengan Otoritas IKN pada September 2023.

Pertamina juga bekerja sama dengan Bakrie Group untuk mengembangkan Nusantara Sustainability Hub, dimana kedua belah pihak membuka peluang kerjasama dengan perguruan tinggi untuk memperkaya penelitian di bidang keberlanjutan, termasuk penelitian pemanfaatan teknologi ramah lingkungan dan rendah emisi.

Sinergi juga dilakukan dalam bidang pemeliharaan, salah satunya adalah Pertamina Energi Baru Terbarukan (Pertamina NRE) yang telah bermitra dengan OIKN untuk melakukan penelitian bersama yang mendukung pengembangan IKN dengan konsep modern, hijau, dan berkelanjutan dengan alam dan ekosistem. solusi.

Pertamina NRE juga bekerjasama dengan Fairatmos untuk mengembangkan dan melaksanakan proyek pengurangan emisi karbon ke alam, sehingga kemudian dapat membangun teknologi dalam pengembangan pasar karbon.

Sementara itu, Perusahaan Gas Negara (PGN) sedang mempersiapkan pengembangan program jaringan gas dalam negeri untuk mendukung pasokan energi bersih di IKN.

Hal ini sejalan dengan amanah pemerintah kepada Pertamina sebagai holding migas di Wilayah Pemerintahan Pusat (KIPP IKN), maka PGN sebagai anak perusahaan gas Pertamina berperan dalam menyuplai kebutuhan gas bumi kepada warga dan rumah dinas para menteri dan pejabat. memainkan staf. di IKN.

“Pertamina melalui PGN juga siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun IKN dalam pembangunan infrastruktur gas bumi yang ramah lingkungan,” kata Fadjar.

Langkah Pertamina di IKN terus berlanjut.

Secara koordinasi, Pertamina Group akan mengembangkan berbagai potensi sehingga dapat mendukung tujuan pemerintah mewujudkan masa depan IKN dan Indonesia yang berkualitas.

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transmisi energi berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060 dengan terus menggalakkan program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut dibarengi dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh wilayah bisnis dan operasional Pertamina. (mrk/jpnn) Yuk tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *