Apakah Ini Pertanda Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK 2024 Segera Dibuka? Semoga

saranginews.com – Jakarta – Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 akan segera dibuka.

Pasalnya Pansalnas telah menerima CASN 2024, kertas soal Seleksi Karir Utama (SKD) bagi calon pegawai negeri sipil dan Kuesioner Seleksi Karir (PPPK) bagi PNS kontrak.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024? Lihat acara terbaru

Soal seleksi CPNS 2024 dan PPPK 2024 disiapkan oleh 38 universitas di Indonesia.

Teks soal diwakili oleh Plt Suharti, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kmendikbudristek). Pada Selasa (4/6) Abdul Hakim, Wakil Pejabat Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB.

Baca Juga: Penempatan PPPK Rusak, Banyak Guru P3 Terburu-buru Reaksi P2G

Naskah tersebut diadopsi oleh Kementerian PANRB sebagai perwakilan PANSELNAS. Soal-soal ini berisi tentang Seleksi Kualifikasi Inti (SKD) CPNS.

Teks soal PPPK meliputi seleksi keterampilan Manajemen, kompetensi sosial budaya, wawancara dan seleksi keterampilan teknis.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2024: Pesan Utama Pak Wahu untuk Kehormatan Besar

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengucapkan selamat kepada Tim Penyusun Soal Seleksi CPNS 2024 dan CPNS 2024 atas kerja kerasnya menghasilkan ASN berkualitas.

Menteri Anas mengutip pernyataan humas Kemenpan-RB yang mengatakan, “Pancelnas dan tim penyusunan kertas soal berkomitmen dalam pelaksanaan transisi ASN dari tahap pemilu pendahuluan.”

Sementara itu, Plt. Wakil Menteri Sumber Daya Manusia PANRB Abdul Hakim menjelaskan, kertas soal disusun secara obyektif dan profesional.

Kertas soal disediakan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data.

“Kami menjamin objektivitas, akuntabilitas dan kerahasiaan dalam masalah ini,” kata hakim.

Soal seleksi CPNS dan PPPK ini akan mengidentifikasi calon peserta seleksi CASN sehingga tercipta ASN yang berkarakter PNS.

Melalui hal tersebut, ASN dapat berperan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami berharap dapat melahirkan ASN yang mampu memenuhi kebutuhan misi tersebut dan mempercepat fungsi dan fungsi organisasi,” kata Hakim.

Diketahui, Panitia Nasional CASN 2024 terdiri dari Kementerian PANRB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengendalian Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan negara. Aparatur Sipil Negara (SSC).

Lembaga-lembaga tersebut bertugas dalam penyusunan, pertukaran, pemantauan, dan penyediaan kertas soal seleksi ASN.

Suharti, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan, kertas soal tersebut diterbitkan oleh Pusat Evaluasi Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai ahli dalam perumusan soal dan penjaminan mutu.

Soal-soal tersebut juga ditinjau oleh para ahli dari Badan Pengembangan Bahasa untuk memastikan bahwa soal-soal tersebut disusun sesuai dengan kaidah kebahasaan yang benar.

Suharti mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas keterlibatannya dalam penyusunan soal-soal pemilu CPNS dan PPPK 2024.

Seluruh proses penyusunan soal ditangani oleh sistem pengamanan teknis yang dikelola oleh BSSN dan diawasi oleh PANRB, BKN, BRIN dan BPKP, kata Suharti. (sam/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *