Ratusan UMKM Pematangsiantar Dipersiapkan untuk Go Digital

saranginews.com, PEMATANG SIANTAR – Pemerintah Kota Pematangsiantar mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya untuk semakin berkembang.

Salah satunya dengan membekali pelaku UMKM melalui seminar dan pelatihan Go Digital di Universitas HKBP Nommensen Kota Pematangsiantar.

BACA JUGA: Pengembangan Rantai Pasokan UMKM, KemenKopUKM dan Hippindo Jajaki Kerjasama dengan China

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Pematangsiantar, Herbert Aruan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas seminar dan workshop yang diselenggarakan, khususnya peran serta generasi muda dan generasi Z dalam karya-karya tersebut.

“Seminar dan workshop ini kita manfaatkan dengan baik. Sebab, sudah saatnya para pelaku UMKM di kota Pematangsiantar terjun ke dunia digital untuk memanfaatkan peluang pasar, kata Herbert dalam sambutannya, Selasa (4/6).

BACA JUGA: 16 Tahun, SRC Ambil Langkah Menuju #Better for Sustainable UMKMs

Salah satu peserta seminar, member PT Trans Digital Cemerlang (TDC) dan POSKU lite, Herbert Simamora, mengatakan pihaknya sebagai perusahaan financial aggregator mendukung penuh dan mengapresiasi seminar dan workshop Pematangsiantar Go Digital yang digagas Tamado. , yang konsen sebagai pemerhati pariwisata, budaya dan UMKM Pematangsiantar.

“Kami melihat para pelaku UMKM sangat antusias mengikuti arahan dan penjelasan dari pimpinan, antara lain memiliki pengalaman yang kuat dalam pemasaran digital menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan guna meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM. TDC memiliki produk-produk yang sangat ramah digunakan oleh para pelaku UMKM seperti Posku Lite yang akan memberikan manfaat lebih dari Posku Lite dibandingkan produk sejenis lainnya,” kata Herbert.

BACA JUGA: Grŵp Bentoel Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing UMKM di NTT

Sementara itu, Ketua Tamado Tourism & Cultural Present Robby Butarbutar mengatakan, UMKM harus segera terjun ke dunia digital untuk mengembangkan usahanya.

Dengan pemanfaatan teknologi digital, UMKM akan mempunyai banyak potensi untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dengan mempromosikan produknya di internet sehingga dapat dijangkau oleh sebagian besar masyarakat.

“Seperti kita ketahui, sekarang semuanya serba digital, banyak UMKM yang sukses karena mengenal dunia digital, mengelola keuntungan dengan sistem POS dan branding produknya di website, namun sebagian besar UMKM di kota Pematangsiantar belum menyadarinya. , makanya “Kami memberikan mereka seminar dan workshop Pematangsiantar Go Digital melalui kerjasama dengan Trans Digital Cemerlang dan POSKU lite,” kata Robby.

Agar para pelaku UMKM di Kota Pematangsiantar bisa maju di kelasnya, Robby, kelompoknya juga terus bekerja sama dengan Explore Siantar dan About Siantar yang sudah memiliki nama panjang untuk mensukseskan seminar dan workshop ini.

“Sekitar 200 pelaku UMKM mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Kami bekerja sama dengan banyak perusahaan digital seperti POSKU lite TDC, Jelajahi Siantar dan Tentang Siantar untuk membuka peluang dan peluang bagi UMKM untuk memanfaatkannya dalam mempromosikan usaha yang dimilikinya. ,” dia berkata.

Para UMKM yang mengikuti seminar dan workshop ini bukanlah orang baru dalam dunia media sosial, mereka belum memahami bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk usahanya.

“Kedepannya kita akan tentukan desain apa yang diharapkan, kemudian kita buat pasar khusus bagi para pelaku UMKM khususnya yang ada di kota Pematangsiantar,” ujarnya. (dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *