Kebersamaannya dengan RG hingga Novel di UI Viral, Hasto Bocorkan Isi Pembicaraan

saranginews.com, JAKARTA – Persatuan Sekretaris Jenderal Partai Perang Demokrasi Indonesia (PDIP) Hasto Kristiyanto dengan filsuf Rocky Gerung, mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto, dan mantan pegawai KPK Novel Baswedan viral di media sosial.

Mereka menghadiri konferensi peringatan Koentjaraningrat XXI/2024 yang diselenggarakan Forum Kajian Antropologi Indonesia (FKAI), pada Senin (3/6).

BACA JUGA: Hasto Dipanggil Polisi, Anggota DPR: Kalau Kritik Dikriminalisasi, Itu Langkah Mundur Demokrasi

Acara ini merupakan kuliah umum bertajuk Dilema Intelektual di Era Kegelapan Demokrasi: Menyediakan Jalur Kebudayaan yang disampaikan oleh Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Sulistyowati Irianto.

Hasto mengatakan, mereka sempat adu mulut di tengah acara. Awak media pun menanyakan penggabungan tersebut saat Hasto selesai pemeriksaan di Mapolres Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/5).

BACA JUGA: Kubu Hasto menilai barang bekas polisi kerap digunakan kolonialisme

“Inilah penyatuan dalam forum-forum akademik, sebagaimana disampaikan Profesor Sulistiawati, ketika politik dan hukum terhenti, maka jalur budaya, jalur intelektual berusaha menjelaskan berbagai permasalahan politik,” kata Hasto.

Guru Besar Universitas Pertahanan Indonesia ini menjelaskan, forum tersebut mengajarkan kepada peserta tentang antropologi hukum.

BACA JUGA: Ikut ujian, Hasto mengingatkan PDIP bahwa partai itu sah dan punya fungsi melekat

“Ini merupakan sesuatu yang sangat positif untuk diilustrasikan. Maka bagi PDI Perjuangan, kami terus menerapkan tradisi peluang intelektual untuk mendobrak kebuntuan antara politik dan hukum,” jelas Hasto.

Seperti diketahui, Hasto Kristiyanto menghadiri acara Koentjaraningrat Memorial Lecture XXI/2024 pada Senin (3/6) yang digelar Forum Kajian Antropologi Indonesia (FKAI).

Acara ini merupakan kuliah umum bertajuk Dilema Intelektual di Era Kegelapan Demokrasi: Menyediakan Jalur Kebudayaan yang disampaikan oleh Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Sulistyowati Irianto.

Guru Besar Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) ini terlihat duduk di tengah. Ia duduk bersebelahan dengan filsuf Rocky Gerung, mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto (BW), dan mantan pegawai KPK Novel Baswedan.

Hasto sepertinya akrab dengan tokoh-tokoh yang kerap mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Hasto sesekali berbincang dengan Rocky, BW dan Novel sebelum konferensi publik dibuka di Auditorium Mochtar Riady FISIP UI, Depok.

Sejumlah guru besar, dosen, aktivis dan akademisi dari berbagai kampus hadir dalam pidato publik tersebut. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Ditelepon Polda Metro Jaya, Hasto: Ini pasti perintah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *