Cuaca Hari Ini, BMKG Memprakirakan Hujan Ringan hingga Lebat Mengguyur Mayoritas Kota Besar

saranginews.com – Jakarta – Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca hari ini, Selasa 4 Juni 2024.

BMKG mengeluarkan peringatan pertama pada Selasa, 6 April tentang kemungkinan terjadinya hujan ringan, sedang, dan lebat disertai petir dan angin di beberapa kota besar di Indonesia. ;

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Kemungkinan Hujan di Wilayah tersebut

Daerah yang bertekanan rendah meningkatkan kemungkinan terbentuknya awan hujan, baik di daerah yang anginnya lambat maupun yang berangin kencang. ;

Kantor berita tersebut memberitakan, mengutip dari situs BMKG di Jakarta, lembaga tersebut memiliki kota-kota besar di tanah air antara lain Pekanbaru, Padang, Bengkulu, Palembang, Pangkalpinan, Bandung, Tanjung Serol, Kendari, Mamuju, Gorontalo, Manado, Jayapura, Ambon dan Ternate. .

Artikel terkait: Cek prakiraan cuaca hari ini di Riau. BMKG: Kemungkinan terjadi hujan disertai petir. mencari.

BMKG juga memperkirakan hujan ringan hingga sedang akan terjadi di beberapa kota besar Tanah Air antara lain Tanjung Pinang, Jambi, Bandar Lampung, Semarang, Mataram, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Palu, Makassar, dan Manokwari. ;

Sementara di beberapa kota besar seperti Banda Aceh, Medan, Surabaya, Serang, Yogyakarta, Kupang, dan Denpasar diperkirakan hanya akan terjadi awan pada hari ini.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG Pekanbaru: Waspada

Khusus wilayah DKI Jakarta, BMKG memperkirakan cuaca berbahaya di seluruh wilayah pada pagi hari, kecuali Jakarta Selatan yang diperkirakan akan turun hujan.

Setelah itu, seluruh wilayah Jakarta akan diterjang badai pada siang hingga malam hari.

BMKG mengimbau masyarakat pesisir mewaspadai kemungkinan kerusakan akibat banjir di wilayah utara Jawa Tengah dan pesisir Banten.

Berdasarkan prediksi tinggi gelombang di wilayah Indonesia, BMKG memperkirakan secara umum berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter.

BMKG juga memperingatkan gelombang tinggi sekitar 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi mulai dari Sumatera di Samudera Hindia bagian barat hingga Nusa Tenggara bagian barat di Samudera Hindia bagian selatan. (Antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *