Ajang Inovasi Pertamina ke-14 Resmi Dibuka, Ada 10 Kategori Penghargaan akan Diberikan

saranginews.com, JAKARTA – 14th Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2024 yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) mengusung tema ‘Endless Innovation for Sustainability Excellence’.

Pembukaan dilakukan secara langsung pada Senin (3/6) oleh Direktur Utama Pertamina Nick Vidyawati dan jajaran.

Baca juga: Pertamina latih SDM berkualitas sebagai penggerak pembangunan berkelanjutan di Indonesia

APQ Awards merupakan ajang penghargaan bagi pimpinan Pertamina yang berinovasi dan berdampak pada masyarakat.

Nick Vidyawati, Direktur Utama Pertamina, membenarkan kelanjutan APQ Awards yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2010.

BACA JUGA: PERTIWI Commons dorong pekerja Pertamina untuk mengedepankan kehidupan berkelanjutan dan kesehatan holistik

“APQ Awards tidak hanya dinilai berdasarkan ide-ide makalah yang inovatif, tetapi juga untuk mengukur inovasinya dan mengukur dampaknya,” jelas Nick dalam sambutannya di Pertamina APQ Awards 2024.

Menurut Nick, dengan mengikuti beberapa sesi atau outcome melalui APQ Awards, Pertamina akan mengukur alatnya secara finansial, dimana klien melakukan optimalisasi biaya dan validasi lebih lanjut mulai dari inovasi hingga penciptaan nilai.

Baca Juga: Pertamina yang berangkat menyelamatkan penyu, meminta delegasi ASCOPE untuk melepasliarkan penyu tersebut

“Hasilnya – efisiensi biaya, cost flight, peningkatan pendapatan dan hasil akhirnya – kita bisa melihat bagaimana Pertamina diakui dalam kekayaan Global D, menjadi satu-satunya perusahaan yang mengikuti event internasional ini, salah satu aspek finansial dari event ini, ” jelas Nick.

Dampak berikutnya, lanjut Nick, adalah aspek keberlanjutan yang dibanggakan Pertamina pada ESG, subsektor perusahaan migas nomor satu dunia.

“Bisnis migas identik dengan emisi karbon, namun persepsi tersebut bisa kita hilangkan dengan membuktikan bahwa program dekarbonisasi Pertamina maju dan diterapkan di seluruh rantai bisnis dan diakui secara global,” jelas Nick.

Sementara itu, Direktur SDM Pertamina Erri Sugiharto mengatakan, ajang APQ ini akan diberikan kepada para pengelola Pertamina yang mampu meningkatkan pendapatan, produktivitas, biaya, efisiensi dan kinerja baik, menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan dampak positif bagi perusahaan. masyarakat

Errie meyakini inovasi adalah salah satu kunci transformasi, menciptakan solusi untuk mengubah dan mengatasi tantangan serta memanfaatkan persaingan.

“Inovasi itu penting, perusahaan selalu menyediakan ekosistem rekrutmen dan wadah bagi para manajer untuk mengekspresikan karyanya,” jelas Erry.

Fajar Joko Santoso, Vice President Corporate Communications Pertamina menambahkan, APQ Awards merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2010, terdapat 10 kategori dan pemenangnya akan diumumkan pada 6 Juni 2024 di Grha Pertamina Batavia.

“Dari data yang kami kumpulkan, terpilih 156 program terbaik dari 4.465 peserta pada tahun 2023, dari berbagai institusi dengan nilai kreasi kurang lebih 48 triliun,” jelas Fajar.

1. Papan kualitas bagus

2. Indikator Keunggulan Bisnis Terbaik

3 CIP’er paling produktif

RA4 Kualitas agen terbaik untuk jawaban keempat

5. Influencer KOMET Terbaik

RA6 Jawaban keenam, ciptaan terbaik adalah Prestasi

Prestasi Terbaik Kategori RA7 untuk Jawaban Ketujuh

RA8 Peringkat kedelapan dalam inovasi yang direplikasi

9. Jaminan Akun Terbaik

10. Keunggulan keberlanjutan di departemen operasional

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di sektor transisi energi berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060 dengan terus memperkuat program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan program Environmental, Social and Governance (ESG) di lini bisnis dan operasional Pertamina. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *