Pratikno Tak Tahu Alasan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Mengundurkan Diri

saranginews.com – JAKARTA – Kepala Bagian Tata Usaha Ibu Kota Kepulauan Bambang Susantono dan Wakil Kepala Bagian Tata Usaha IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatannya.

Menlu Pratikno membantah pengunduran diri Bambang dan Dhoni terkait persiapan rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 di IKN.

BACA JUGA: Pimpinan dan Wakil Pimpinan IKN Mundur, Jokowi Tunjuk Penggantinya

“Oh tidak, tidak. Kami sudah merencanakan acara ke-17. Jadi sebelum pindah ke (ibu kota), dari sana akan ada acara ke-17,” kata Pratikno di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/6).

Pratikno mengumumkan, keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai ketua badan IKN serta Dhony Rahajoe dari jabatan wakil ketua badan IKN telah diterbitkan.

BACA JUGA: SIG dan Bina Karya Gandeng Pasok Green Cement ke Proyek IKN

Perpres tersebut terbit berdasarkan surat pengunduran diri yang disampaikan Dhony Rahajoe diikuti Bambang Susantono kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa pekan lalu.

Namun Pratikno mengaku belum mengetahui alasan pengunduran diri pengurus IKN Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe tersebut.

BACA JUGA: Zona pendukung HPL IKN Badan Bank Tanah bisa menjadi magnet perekonomian baru

Ya, kalau namanya tidak disebutkan dalam surat itu, tentu kami tidak tahu, kata Pratikno.

Setelah Presiden Jokowi mengundurkan diri, ia mengeluarkan keputusan presiden yang menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pj Ketua IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Pj Ketua.

Menurut Pratikno, Basuki dan Raja Juli Antoni akan menjalankan fungsi tersebut hingga ditetapkannya pejabat kepala administrasi IKN dan wakil ketua IKN. “Iya, sampai (terpilihnya presiden) secara serius, kita akan lihat kemajuannya,” kata Pratikno. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *